Sabtu 10 Aug 2019 14:06 WIB

Perankan Minke, Iqbaal Tiga Bulan Belajar Bahasa Belanda

Iqbaal harus berjuang pelajari bahasa Belanda agar bisa total berperan sebagai Minke

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Hasanul Rizqa
Iqbaal Ramadhan
Foto: Republika/Santi Sopia
Iqbaal Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemeran Minke dalam film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan, mengaku sempat belajar bahasa Belanda selama tiga bulan. Ini agar dirinya bisa memerankan tokoh Minke dengan baik. Seperti diketahui, film tersebut diangkat dari novel karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Di dalamnya, memang banyak adegan di mana Minke dan para tokoh cerita berbicara dengan bahasa Belanda.

Iqbal mengaku, dirinya belum memiliki dasar sama sekali untuk berbicara bahasa Belanda. Namun, dalam proses penggarapan film, ada peran seorang bernama Kirin, yang menjadi guru bahasa Belanda bagi Iqbal, Mawar Eva de Jongh (pemeran Annelies), dan aktor-aktor peran lainnya.

Baca Juga

"Enggak ada basic sama sekali (bicara bahasa Belanda). Jadi, selama tiga bulan itu setiap habis reading kita ada workshop bahasa Belanda. Kita juga merekam voice note soal pelafalannya. Jadi di rumah, saya pribadi dengerin terus," kata Iqbaal saat menggelar konferensi pers di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (10/8) dini hari.

Diakuinya, dirinya tidak memiliki dasar sama sekali untuk berbicara bahasa Belanda. Karena itu, Iqbaal mengaku sempat kesulitan. Dari segi pelafalan, bahasa Belanda menurut dia cukup rumit. "Saya dengerin terus, sampai kebawa mimpi kali. Itu aslinya belibet-belibet juga. Tapi kalau di film kelihatannya jago," ujar Iqbal.

Sementara itu, Mawar Eva de Jongh juga mengakui hal serupa. Dirinya tidak memiliki dasar sama sekali untuk berbicara bahasa Belanda. Sama seperti Iqbaal, Mawar juga memanfaatkan tiga bulan belajar bahasa Belanda dari Kirin. Ini agar dirinya bisa berperan dengan total dalam film yang disutradarai Hanung Bramantyo tersebut.

"Sama saya juga enggak bisa bahasa Belanda. Tapi kita punya guru bahasa Belanda yaitu Kirin. Jadi selama tiga bulan kita belajar bahasa Belanda dan itu sulit sekali," ujar Mawar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement