Kamis 08 Aug 2019 02:09 WIB

Pahami Strategi Pemasaran agar Bisnis Berjalan Maksimal, Simak Ulasannya!

Tanpa strategi pemasaran yang bagus, tentunya akan sulit mengembangkan bisnis.

Rep: cermati/ Red:
Pahami Strategi Pemasaran agar Bisnis Berjalan Maksimal, Simak Ulasannya!
Pahami Strategi Pemasaran agar Bisnis Berjalan Maksimal, Simak Ulasannya!

Dalam menjalankan sebuah bidang usaha, menawarkan produk atau jasa agar diminati banyak konsumen adalah salah satu kunci kesuksesan. Jika kualitas produk atau jasa yang ditawarkan cukup baik, bukan tidak mungkin bisnis akan berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

Namun, bisnis yang menjajakan produk atau jasa berkualitas nyatanya tidak cukup untuk membuat usaha mendapatkan untung yang maksimal. Dibutuhkan strategi pemasaran yang mumpuni agar konsumen mengetahui dan mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Tanpa memiliki strategi pemasaran yang bagus, tentunya akan sulit mengembangkan bisnis dengan maksimal. Bahkan, risiko kalah saing dengan pengusaha lain sangat mungkin terjadi jika tidak memiliki strategi pemasaran yang baik. 

Menjadi kunci penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis, mempelajari ilmu strategi pemasaran. Untuk itu, agar setiap pelaku usaha dapat memahami semua hal tentang strategi pemasaran, simak penjelasannya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.  

 

Definisi Strategi Pemasaran

pemasaran

1. Umum

Pada dasarnya, strategi pemasaran merupakan sebuah upaya dalam memasarkan atau mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Menggunakan rencana serta taktik yang matang, sehingga tujuan dari strategi pemasaran bisa meningkatkan jumlah penjualan.

Strategi pemasaran juga bisa diartikan sebagai rentetan usaha oleh perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam prakteknya, strategi pemasaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan nilai ekonomi sebuah perusahaan. 

Dalam sebuah bisnis, terdapat tiga faktor yang biasanya menjadi penentu harga jual sebuah barang atau jasa. Faktor tersebut adalah produksi, pemasaran, dan konsumsi. Berdasarkan faktor tersebut, pemasaran menjadi penghubung antara produksi dan konsumsi.

Baca Juga: Pakai Media Sosial untuk Promosi? Hindari 4 Kesalahan ini

2. Menurut Ahli

Beberapa ahli juga memiliki penjelasannya strategi pemasaran yang berbeda-beda. Strategi pemasaran menurut Kotler dan Amstrong merupakan logika pemasaran pelaku bisnis yang berharap untuk mendapatkan nilai serta keuntungan dari menjaga hubungan dengan konsumennya. 

Menurut Kurtz yang mengartikannya sebagai program perusahaan untuk menentukan target pasar serta memberikan kepuasan kepada para konsumennya. Kepuasan konsumen bisa didapatkan dengan cara membangun beberapa elemen dari marketing mix, yakni, produk, distribusi, promosi, serta harga.

Philip Kotler juga memberikan pengertian strategi pemasaran sebagai sebuah pola pikir pemasaran yang digunakan guna mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran ini terdiri dari pasar target, penetapan posisi, pembauran pemasaran, dan juga dana untuk pemasaran.

Selain itu, Tjiptono juga mengungkapkan bahwa strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang dibuat guna mencapai tujuan bisnis atau perusahaan dengan meningkatkan kelebihan daya saing berkesinambungan. Hal tersebut dapat tercapai dengan melewati pasar yang dilalui, serta program pemasaran guna melayani target pasar tersebut.

Sementara, strategi pemasaran menurut Stanton adalah suatu hal yang mencakupi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan. Suatu hal tersebut berguna untuk merencanakan serta menentukan harga, promosi, dan juga menyalurkan produk agar dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.

Meski memiliki penjelasan berbeda, para ahli tersebut menjelaskan strategi pemasaran dengan inti yang serupa. Dengan begitu, pelaku usaha dapat mengetahui fungsi dari strategi pemasaran.

Baca Juga: 10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis

Fungsi dari Strategi Pemasaran

pemasaran

Fungsi dari strategi pemasaran

Menilik dari penjelasan para ahli diatas, fungsi dari strategi pemasaran sebenarnya sudah cukup jelas. Namun, agar lebih memahami mengenai fungsi dari strategi pemasaran, terdapat empat garis besarnya.

  1. Bisa meningkatkan motivasi dalam melihat masa depan bisnis yang sedang dijalankan. Strategi pemasaran yang mengharuskan pelaku bisnis untuk dapat memperkirakan laju bisnis di masa depan, memberikan semangat dalam berusaha. Hal ini tentu sangat penting agar bisnis dapat berjalan dengan maksimal.
  2. sebagai pengatur arah jalannya sebuah bisnis atau perusahaan. Dengan begitu, koordinasi tim pemasaran dapat berjalan dengan lebih efektif serta sesuai target.
  3. menjadi alat bantu untuk meraih tujuan perusahaan atau bisnis, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.
  4. adanya standar penilaian dari prestasi kerja dari para anggota di bidang usaha atau perusahaan tersebut. Dengan adanya standar penilaian tersebut, pengawasan mutu serta kualitas kerja akan menjadi lebih efektif.

Tujuan dari Kegiatan Strategi Pemasaran

tujuan

Tujuan dari kegiatan strategi pemasaran

Melihat dari fungsinya diatas, strategi pemasaran umumnya memiliki tujuan yang beragam, di antaranya:

  1. agar tim pemasaran dapat meningkatkan kualitas dari koordinasi antar individu yang ada didalamnya.
  2. digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan pada standar prestasi yang sudah ditentukan sebelumnya.
  3. sebagai dasar pemikiran dalam mengambil keputusan marketing atau pemasaran.
  4. menjadi sebuah kegiatan untuk mengembangkan kemampuan sebuah bisnis untuk bisa beradaptasi.

Praktik Strategi Pemasaran di Era Digital

era digital

Praktik strategi pemasaran di era digital 

Di era digital seperti saat ini, teknologi telah mengambil alih hampir di semua bidang pekerjaan dan bisnis. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah atau bisnis menjadi semakin berkembang.

Karena alasan inilah mengapa strategi pemasaran wajib beradaptasi dengan menggunakan teknologi yang sudah ada saat ini. Beberapa contoh strategi pemasaran di era digital nyatanya berhasil untuk menarik konsumen dan memperluas jangkauan pasar dari sebuah bisnis atau perusahaan.

Salah satu strategi pemasaran yang paling umum digunakan di era digital adalah email marketing. Memanfaatkan teknologi email untuk kebutuhan pemasaran juga tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu menggunakan penyedia layanan surel gratis dan menulis tulisan yang bisa membuat pelanggan incaran tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam melakukan email marketing, pastikan bahwa tulisan bersifat persuasif, namun tidak terlalu berlebihan dalam menjelaskan keunggulannya.

Biasanya, pelaku bisnis yang menggunakan email marketing akan menyisipkan form newsletter atau subscription. Hal tersebut bertujuan agar calon konsumen dapat menuliskan alamat surel mereka jika memang tertarik dengan tawaran bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat melakukan kegiatan selanjutnya agar calon konsumen tersebut dapat menjadi pelanggan setia di bisnis.

Selain email marketing, terdapat strategi pemasaran yang disebut dengan mobile marketing. Ditengah maraknya pengguna smartphone oleh masyarakat di seluruh dunia, mobile marketing ini dapat menjadi strategi pemasaran yang mampu menggaet calon konsumen dengan jumlah masif.

Bagi yang memiliki bisnis toko online dan semacamnya, Anda dapat mendesain tampilannya agar ramah dilihat bagi pengguna smartphone. Bila perlu, buat aplikasi khusus pada smartphone agar konsumen semakin mudah mengakses bisnis yang sedang dijalankan. Tapi, hal ini mungkin membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Jika Anda ingin melakukan mobile marketing dengan biaya lebih terjangkau, Anda dapat memanfaatkan penyedia layanan messenger gratis, seperti, BBM, Whatsapp, dan Line. Dengan menggunakan layanan messenger tersebut, Anda dapat mempromosikan bisnis kepada calon pelanggan dengan cara yang hampir mirip dengan email marketing. Terakhir, Anda dapat memanfaatkan beragam sosial media khusus bisnis untuk mempromosikan bisnis

Cara ini cukup ampuh dalam usaha strategi pemasaran karena selain gratis, pengguna sosial media juga cukup banyak. Jadi, Anda dapat mengenalkan bisnis ke banyak orang sekaligus tanpa harus menggelontorkan biaya yang besar.

Strategi Pemasaran sebagai Roda Bisnis

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, pemilik dan tim wajib memiliki strategi pemasaran yang mumpuni. Dengan begitu, kemungkinan besar bisnis Anda akan berkembang. Untuk itu, agar bisnis yang Anda kelola dapat berjalan dengan baik, pahami tentang cara pengaplikasian strategi pemasaran dengan cermat. Teruslah belajar hingga menemukan strategi pemasaran yang tepat.

Baca Juga: Pengertian Viral Marketing dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement