Rabu 07 Aug 2019 21:20 WIB

Lakukan 4 Langkah Cerdas ini Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki berbagai biaya yang ditanggungkan kepada penggunanya.

Rep: cermati/ Red:
Lakukan 4 Langkah Cerdas ini Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit
Lakukan 4 Langkah Cerdas ini Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit menjadi pilihan banyak orang, sebab produk perbankan yang satu ini dianggap praktis dan mempermudah berbagai kebutuhan transaksi keuangan. Seseorang yang memiliki kartu kredit dan aktif menggunakannya, tentu menikmati kenyamanan dan juga beragam keuntungannya.

Selain ketika menggunakan, pengguna juga perlu mencermati proses pembayaran tagihan yang dilakukan setiap bulannya. Kartu kredit memiliki berbagai biaya yang ditanggungkan kepada penggunanya.

Berbagai biaya ini bisa saja membuat tagihan kartu kredit semakin besar, apalagi jika pengguna tidak menerapkan cara yang tepat ketika membayar tagihan kartu kredit. Bukannya menghemat, berbagai kesalahan kecil ini bisa saja menimbulkan kerugian yang cukup besar di dalam keuangan setiap bulannya, meskipun pengguna sudah menggunakan kartu kredit dengan baik. 

Untuk itu, hindari hal ini dengan cara yang tepat, sehingga kartu kredit benar-benar memberikan manfaat yang maksimal. Berikut terdapat ulasan yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber perihal beberapa langkah cerdas yang perlu dilakukan ketika membayar tagihan kartu kredit:

 

1. Selalu Lunasi Tagihan 

Kartu kredit memang memberikan kesempatan untuk berutang, bahkan mencicil utang tersebut selama beberapa bulan ke depan. Pengguna bisa membayar minimum payment sebesar 10% dari tagihan. Namun hal ini tentu tidak diberikan secara cuma-cuma, sebab Anda akan menanggung sejumlah bunga pembelanjaan atau tarik tunai pada utang yang tidak dilunasi tersebut. 

Semakin besar tagihan yang tidak dilunasi, maka akan semakin besar juga jumlah bunga yang harus dibayarkan. Bukan hanya itu saja, sejumlah cicilan utang yang terdapat di dalam kartu kredit tentu akan membebani keuangan penggunanya, apalagi jika nilainya terbilang besar. Bukan tidak mungkin keuangan akan memburuk akibat beban utang yang besar di dalam kartu kredit Anda. Sebaiknya segera hindari kondisi keuangan yang buruk akibat utang, pastikan selalu membayar penuh tagihan kartu kredit setiap bulannya.

2. Bayar Sebelum Jatuh tempo

bayar tagihan

Bayar sebelum jatuh tempo

Membayar tagihan tepat waktu menjadi hal yang sangat penting, agar berbagai masalah akibat keterlambatan pembayaran bisa dihindari. Hal ini juga perlu dibiasakan ketika membayar tagihan kartu kredit. Keterlambatan dalam membayar  tagihan kartu kredit bisa menimbulkan sejumlah biaya bunga dan denda. 

Jumlahnya tidak bisa dibilang kecil, meski hanya terlambat melakukan pembayaran satu hari saja. Membayar kartu kredit di saat-saat terakhir akan sangat beresiko, sebab bisa saja pembayaran Anda tidak berhasil dibukukan, sehingga mengalami keterlambatan pembayaran. 

Hindari hal ini dengan cara melakukan pembayaran sebelum masa jatuh tempo tagihan tiba, setidaknya 2-3 hari sebelumnya. Pembayaran yang lebih cepat seperti ini bahkan akan sangat penting, jika ternyata jalur pembayaran (bank) yang digunakan berbeda dengan bank penerbit kartu kredit Anda.

Baca Juga: Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cermati Promo Kartu Kredit Terbaru 2019

3. Minta Tagihan Melalui Email

email

Minta tagihan melalui email

Pengiriman tagihan kartu kredit bisa dilakukan melalui dua cara, yakni melalui kurir (manual) dan juga melalui email yang lebih praktis. Tagihan yang dikirim melalui kurir tentu akan tiba lebih lama dan beresiko tidak sampai ke tangan dengan baik. Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk membayar tagihan tepat waktu. 

Mintalah pihak bank untuk mengirimkan tagihan kartu kredit melalui email saja, sehingga Anda bisa menerimanya sesuai dengan tanggal cetak dan memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan pembayaran. Selain itu Anda juga bisa mengaktifkan notifikasi pembayaran, agar keterlambatan pembayaran bisa dihindari. 

4. Manfaakan Layanan Auto Debit

atm

Manfaatkan layanan auto debet

Jika Anda termasuk orang yang praktis dan tidak ingin repot mengurus tagihan kartu kredit setiap bulannya, maka Anda bisa memanfaatkan layanan auto debit untuk urusan yang satu ini. Cek dan sesuaikan tanggal jatuh tempo dengan layanan auto debit yang diaktifkan, sehingga setiap bulan tagihan bisa terbayarkan tepat waktu. 

Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa di dalam rekening yang digunakan sudah terdapat sejumlah dana yang memadai, setidaknya mencukupi untuk melunasi tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Selain mudah dan cepat, layanan auto debit ini juga akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah akibat keterlambatan pembayaran.

Baca Juga: Kartu Kredit Lebih Aman Dibanding Kartu Debit? Berikut Penjelasannya

Gunakan dan Bayar dengan Cara yang Tepat

Bagi pengguna kartu kredit, Anda tentu sudah terbiasa melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya. Pastikan gunakan kartu kredit dengan cerdas dan melakukan pembayaran dengan cara yang tepat, sehingga berbagai masalah dan juga biaya keterlambatan pembayaran bisa dihindari dengan baik. Selain itu, hal ini juga akan memberikan Anda kesempatan untuk menikmati layanan kartu kredit secara maksimal.

Baca Juga: Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit via ATM, Internet Banking, dan Mo

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement