Rabu 07 Aug 2019 11:55 WIB

Payung Geulis Tasikmalaya Jadi Primadona di Moskow

Anjungan Jawa Barat dalam Festival Indonesia 2019 di Krasnaya Presnya sukses mencuri perhatian warga Moskow, Rusia. salah satu yang menyita perhatian warga di sana ialah Payung Geulis Tasikmalaya.

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung
Payung Geulis Tasikmalaya Jadi Primadona di Moskow
Payung Geulis Tasikmalaya Jadi Primadona di Moskow

MOSKOW, AYOBANDUNG.COM -- Anjungan Jawa Barat dalam Festival Indonesia 2019 di Krasnaya Presnya sukses mencuri perhatian warga Moskow, Rusia. salah satu yang menyita perhatian warga di sana ialah Payung Geulis Tasikmalaya.

Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Barat dalam siaran persnya, Selasa (6/8/2019) menyatakan berbagai produk tradisional Jawa Barat turut hadir dalam Festival Indonesia 2019 yang digelar Jumat (2/8/2019) hingga Minggu (4/8/2019) waktu setempat itu.

AYO BACA : Wujudkan Mimpi Jadi Nyata, Warga Tasik Nekat Jalan Kaki Temui Jokowi

Salah satu warga Rusia yang berkunjung, Vasily (48), mengaku sangat puas karena telah memboyong dua buah payung geulis tradisional Tasikmalaya. “Payung ini sangat cantik dan indah sekali, saya bawa pulang satu lagi. Istri saya pasti suka,” kata dia.

Festival yang bertemakan Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise ini menampilkan pameran berbagai produk Indonesia, seperti kopi, pakaian, aksesori, kuliner nusantara, dan kerajinan.

AYO BACA : Kiarajangkung, Desa asal Bos Toilet Umum di Pulau Jawa

Berbagai pagelaran seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia juga turut digelar, baik itu lagu, tarian, maupun permainan alat musik, termasuk gamelan dan wayang kulit.

Festival Indonesia 2019 ini didukung Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Pariwisata Indonesia, Pemerintah Kota Moskow, Taman Krasnaya Presnya, dan sejumlah lembaga pemerintah, termasuk swasta dari Indonesia dan Rusia.

Menurut Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya Kamil, antusiasme warga Moskow sangat luar biasa. “Bahkan ada warga Moskow yang tiga hari berturut-turut hadir di anjungan Jawa Barat. Mudah-mudahan ini semakin menambah motivasi dan kecintaan kita terhadap produk kerajinan Jawa Barat,” ujarnya usai penutupan Festival Indonesia 2019, Minggu (4/8/2019).

Antusiasme tersebut selain karena beragamnya produk-produk yang ditawarkan, juga karena Dekranasda Provinsi Jawa Barat membagi-bagikan suvenir menarik secara gratis, di antaranya payung geulis, pouch batik, serta beragam gantungan kunci khas Jawa Barat.

Payung geulis paling mendapat perhatian masyarakat di sana. Produk khas dari Tasikmalaya ini menjadi rebutan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Payung warna-warni ini juga menjadi ornamen utama dari gerbang Anjungan Jawa Barat sehingga menjadi ikon tersendiri di Festival Indonesia 2019 ini.

AYO BACA : Di Tangan Zaenal Mustofa, Pedang Bambu Jadi Senjata Mematikan untuk Penjajah

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement