Selasa 06 Aug 2019 04:49 WIB

Festival Budaya Lembah Baliem Siap Digelar

Festival Budaya Lembah Baliem akan digelar pada 7-10 Agustus 2019.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah anggota suku di lembah Baliem memperagakan pertunjukkan Perang Antar Suku dalam festival budaya Lembah Baliem. (Dok)
Foto: ANTARA FOTO
Sejumlah anggota suku di lembah Baliem memperagakan pertunjukkan Perang Antar Suku dalam festival budaya Lembah Baliem. (Dok)

REPUBLIKA.CO.ID, WAMENA --  Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua memastikan kesiapan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB). Festival tersebut akan digelar pada 7-10 Agustus 2019.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Distrik Welesai, Kabupaten Jayawijaya, Senin, yang memantau kesiapan FBLB memastikan hanya sedikit pemebenahan yang diperlukan untuk festival itu. Sejauh ini, persiapan sudah mencapai 99 persen.

"Dari gladi tadi, saya lihat ada koreksi sedikit dan itu akan dibenahi paling lambat besok. Semua tahapan sudah jalan sesuai dengan kami inginkan," katan mantan Wakil Bupati dua periode itu.

photo
Sejumlah warga dan anak-anak suku pedalaman Papua berkumpul untuk mengikuti acara Festival Budaya Lembah Baliem. (Dok)

Menurut Jhon, tamu undangan atau rombongan duta besar dipastikan sudah tiba di Wamena pada Selasa, (6/8). Deputi pariwisata akan tiba di Jayapura Selasa pagi dan langsung menuju ke Wamena.

"Rombongan Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan mungkin pukul 10 akan dari Sentani," katanya.

Untuk memperlancar akses kendaraan ke lokasi FBLB yang pada tahun lalu menyebabkan pengendara terjatuh akibat jalan tidak baik, pemerintah melibatkan para kontraktor. Alat berat telah diturunkan untuk memperlebar serta menimbun jalan berlubang.

"Mereka membantu kami melakukan pekerjaan akses jalan karena akses jalan cuma satu maka harus diperlebar, dirapikan, supaya pengunjung yang datang ke FBLB tidak terganggu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement