Kamis 22 Aug 2019 02:25 WIB

Kenapa Takut Punya Kartu Kredit?

Kartu kredit bisa memberikan banyak keuntungan jika digunakan dengan bijak.

Rep: cermati/ Red:
Alasan Apa yang Membuat Anda Takut Punya Kartu Kredit?
Alasan Apa yang Membuat Anda Takut Punya Kartu Kredit?

Kartu kredit merupakan alat pembayaran praktis yang bisa membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan nyaman. Pada dasarnya, kartu kredit memang bisa memberikan banyak keuntungan bagi yang menggunakannya secara aktif dan bijak.

Meski begitu, sebagian orang justru takut memiliki alat pembayaran yang satu ini. Sementara jika ditilik lebih dalam, manfaat dan keuntungan yang diberikan kartu kredit tentu tidak bisa dianggap kecil.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan, namun banyak juga orang yang masih takut menggunakan kartu kredit. Hal ini tentu patut disayangkan, terutama bagi mereka yang setiap bulannya memiliki transaksi keuangan yang cukup tinggi.

Tidak hanya keuntungan saat berbelanja saja, kartu kredit juga bisa membuat transaksi keuangan lainnya menjadi lebih nyaman, seperti akses mudah ketika beli tiket, bayar berbagai tagihan bulanan, program cicilan yang menguntungkan, dan lainnya.

Berbagai keuntungan ini tentu tidak bisa dinikmati jika Anda masih punya rasa takut untuk memiliki kartu kredit. Lalu, alasan apa saja yang biasanya membuat orang takut punya kartu kredit? Simak ulasannya berikut ini.

1. Takut Punya Utang meski Tak Semua Utang itu Negatif

Banyak orang menilai utang selalu menjadi hal yang tidak menarik untuk dimiliki, bahkan meski jumlahnya sedikit saja. Sistem kartu kredit yang dilakukan dengan pemberian sejumlah limit oleh pihak bank kepada nasabah, kerap menimbulkan ketakutan tersendiri bagi nasabah tersebut.

Sebagian orang tidak ingin berutang, sebab khawatir jika kelak tidak bisa melunasinya dengan tepat waktu. Rasa takut seperti ini akan membuat yang bersangkutan enggan untuk memiliki kartu kredit.

Padahal pada dasarnya sistem utang yang ada di dalam kartu kredit tentu tidak akan menjadi masalah, jika yang bersangkutan selalu membayar tagihan secara secara penuh dan tepat waktu.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement