Selasa 30 Jul 2019 17:38 WIB

Cara Sehat dan Praktis Makan Ikan Menurut Chef

Agar kandungan gizi ikan tetap terjaga diperlukan pengolahan yang tepat.

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih
Chef Gori
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah
Chef Gori

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan berbasis ikan, udang, atau olahan seafood lainya merupakan makanan yang baik bagi kesehatan. Tapi agar makanan itu tetap memiliki kandungan gizi yang baik, maka diperlukan cara pengolahan yang tepat.

Chef Gori mengatakan, ada tiga cara yang dapat digunakan untuk mengolah seafood. Mulai dari digoreng, dibakar, dan dikukus.

Baca Juga

“Dikukus adalah cara pengolahan yang paling optimal,” kata Chef Gori kepada Republika saat dijumpai dalam gelaran Food & Hotel Indonesia (FHI) di Jakarta International Expo belum lama ini.

Ia menilai mengukus merupakan proses yang paling sehat karena minim kandungan lemak. Proses ini pun dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat yang menghindari minyak dalam proses penggorengan dan karsinogen dalam proses pembakaran ikan.

“Agar makin sedap, maka ikan kukus dapat disantap dengan minyak wijen atau saos tiram,” ujarnya. Mengukus pun dinilai lebih baik karena membuat tekstur daging menjadi lebih lembut.

Bagi yang enggan makan ikan karena malas direpotkan durinya, Chef Gori menyarankan untuk membeli ikan fillet. Bisa juga meminta kepada pedagang ikan untuk menghilangkan duri pada ikan yang akan dibeli.

Selain lebih bergizi, daging ikan jauh lebih lembut dibandingkan dengan daging ayam dan sapi. Dari segi harga, ikan pun juga ditawarkan dengan harga yang cukup murah.

“Bagi yang ingin makan ikan dengan harga yang murah, maka dapat membeli ikan lokal seperti ikan kembung, ikan ekor kuning, ikan tengiri, dan ikan selar,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement