Selasa 30 Jul 2019 14:14 WIB

Ini Kekurangan Joging di Dalam Ruangan

Jogging bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih
Olahraga di dalam ruangan. Ilustrasi.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Olahraga di dalam ruangan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jogging atau lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan untuk memulai kebiasaan olahraga. Olahraga ini pun bisa dilakukan baik di dalam ruangan menggunakan treadmill atau di luar ruangan.

Pegiat olahraga Matias Ibo menjelaskan kekurangan ketika melakukan jogging atau lari di dalam ruangan dengan treadmill. "Kalau di treadmill yang menggerakkan bukan kaki kita tapi karetnya," tutur pria yang merupakan fisioterapis timnas Indonesia itu.

Baca Juga

Menurutnya, ketika seseorang jogging di atas treadmill, sebaiknya incline atau tanjakan diatur naik satu tanjakan dan tidak boleh nol. Sebab, ketika tanjakan itu nol atau tidak ada tanjakan, maka aktivitas yang dilakukan menjadi hanya sekadar lompat-lompat dan bukan lari ke depan.

"Akan tetapi, jika diberi satu incline maka itu akan sama dengan lari di luar," jelas Matias.

Selain itu, berolahraga di dalam ruangan juga bisa terpapar pendingin ruangan. Risiko yang mengintai misalnya jika dalam satu ruangan terdapat tiga orang hingga 10 orang yang batuk-batuk mau tak mau orang lain juga akan menghirup udara yang sama dalam ruangan itu. Dengan demikian tak menutup kemungkinan olahraga di dalam ruangan bisa memengaruhi kesehatan. 

"Meskipun di AC itu udara masuk lalu disaring, tapi tidak mungkin free. Jadi kerugiannya dari sisi itu. Tidak selamanya di luar tidak enak karena polusi," ujar dia.

Di sisi lain jogging di luar ruangan juga membuat tubuh lebih bergerak. Hal itu disebabkan karena ada faktor alam yang mendukung lari. Contohnya seperti adanya aspal yang membuat larinya bukan hanya garis lurus, lalu belokan ke kiri dan ke kanan. Lari pun menjadi cepat atau melambat.

Walau demikian bukan berarti berolahraga di dalam ruangan tak baik. Matias menyarankan untuk melakukan olahraga secara variatif.

Artinya, ketika seseorang tak memiliki waktu yang banyak untuk jogging di luar ruangan, maka jogging di dalam ruangan pun tak masalah. Jika memiliki kesempatan untuk jogging di luar ruangan dan berinteraksi dengan alam, maka jogging di luar ruangan bisa dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement