Sabtu 27 Jul 2019 06:55 WIB

Jangan cuma Susu, 6 Asupan Bergizi ini Juga Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Ini ragam asupan bernutrisi dan bergizi tinggi yang harus dikonsumsi ibu hamil

Rep: cermati/ Red:
Perempuan hamil (ilustrasi)
Foto: Dailymail
Perempuan hamil (ilustrasi)

Menjadi ibu hamil atau bumil, tentu banyak membawa perubahan pada fisik dan hormon. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh pada pola dan nafsu makan. Kalau biasanya lebih sering cuek dan makan asal kenyang saja, saat hamil tentunya harus lebih memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Mengapa demikian? Asupan makanan dan minuman yang kamu konsumsi akan membawa dampak pada kesehatan ibu dan juga kesehatan hingga perkembangan calon bayi dalam kandunganmu. Oleh sebab itu, asupan yang seharusnya dikonsumsi ibu hamil haruslah asupan yang mengandung nutrisi cukup dan bergizi tinggi. 

Seperti yang dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, berikut ini terdapat ragam asupan bernutrisi dan bergizi tinggi yang harus dikonsumsi ibu hamil, di antaranya: 

 

1. Ikan Salmon dan Ikan Kod

ikan salmon

Ikan salmon

Segala jenis ikan memang bagus untuk memberikan nutrisi yang tepat bagi ibu hamil. Namun, kandungan docosahexaenoic acid (DHA) pada ikan salmon memang disinyalir sangat membantu tumbuh kembang otak dan juga mata pada bayi. Bagi bumil, juga meminimalisir serangan penyakit jantung.  

Sedangkan ikan kod yang banyak mengandung yodium juga dapat membantu mengembangkan sistem saraf dan juga otak bayi. Bayi yang lahir pun dapat terhindarkan dari adanya gangguan pada mental hingga tuli. 

Baca Juga: Kebutuhan Ketika Hamil: Apa Saja yang Harus Dipenuhi?

2. Telur

telur

Telur

Siapa yang tak mengakui sumber protein tinggi yang ada dalam telur? Telur terbukti memiliki zat kolin yang bisa mencegah masalah yang terjadi pada sumsum tulang belakang atau otak bayi.

Telur juga variatif untuk diaplikasikan dalam menu bumil. Bisa dengan cara direbus, digoreng dengan minyak sedikit, namun tetap dengan olahan yang sehat. Jangan lupa, pastikan telur yang kamu masak, sudah sempurna matangnya. Ini untuk menghindari adanya bakteri yang berkembang pada telur setengah matang. 

3. Sayur-sayuran Hijau

sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau

Asam folat yang ada dalam sayur-sayuran hijau membantu untuk menghindarkan ibu hamil dari keguguran, bayi lahir prematur, juga bayi lahir dengan kelainan sumsum tulang belakang atau terganggu pada bagian saraf. 

Segala jenis sayur-sayuran hijau pada dasarnya baik untuk dikonsumsi, namun sayur bayam adalah yang paling banyak direkomendasikan. Daun katuk yang mirip dengan bayam juga bisa menjadi alternatifnya. 

4. Susu dan Yogurt

ibu hamil minum susu

Susu dan yogurt

Susu dan yogurt seringkali disarankan bagi ibu hamil. Sebab ibu hamil dan juga janin memerlukan cukup kalsium sebagai bahan pembentuk tulang dan gigi yang kuat sejak dalam kandungan. Ada makanan lainnya yang banyak mengandung kalsium seperti roti dan keju juga tidak masalah untuk dikonsumsi. 

Baca Juga: Agar Bayi Lahir Sehat Walafiat, Ini 7 Tips yang Harus Dipraktikan Ibu Hamil

5. Sereal Gandum Utuh

gandum

Sereal gandum

Jika bosan dengan nasi, kamu bisa mencoba sereal gandum utuh. Mengonsumsi nasi bagi ibu hamil juga sebaiknya dibatasi sebab kandungan gula yang terdapat pada nasi. Jika perlu aturlah porsi nasi dengan tepat sesuai yang dibutuhkan pada tubuh. Kandungan gula yang terlalu banyak inilah yang disinyalir bisa meningkatkan berat badan bayi. Kalau berlebihan, bisa saja si ibu dan janin akan kelebihan berat badan

Sedangkan sereal gandum utuh mengandung zat besi yang juga sangat bagus untuk ibu hamil. Sebab sereal gandum utuh akan menghindarkan dari risiko bayi lahir prematur, juga menjauhkan ibu dari penyakit anemia.  

6. Makanan yang Mengandung Vitamin C

jeruk

Makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C juga penting untuk menjadi asupan ibu hamil. Banyak keuntungan yang akan didapat jika vitamin C tercukupi dengan baik. Selain bisa mencegah dari penyakit yang menyerang, sistem imunitas tubuh juga akan meningkat. Bukan hanya jeruk saja, vitamin C ini juga terdapat di brokoli, tomat, dan juga stroberi. 

7. Makanan yang Mengandung Vitamin D 

daing

Makanan yang mengandung vitamin D

Selain vitamin C, ternyata vitamin D juga sangat berperan. Persis seperti kebutuhan utama untuk pembentukan tulang dan gigi, karena vitamin D adalah sumbernya kalsium. Kandungan vitamin D ini terdapat pada telur, susu, ikan, dan juga daging merah.

Olahraga dan Cek Kandungan dengan Rutin

Alangkah lebih lengkapnya, ibu hamil juga perlu melakukan olahraga ringan secara rutin setiap pagi hari  agar si janin dapat tumbuh kembang dengan baik. Olahraga yang bisa dilakukan seperti yoga, jalan-jalan di sekitar rumah, peregangan, senam kehamilan dan lainnya.

Selain itu, penting juga untuk selalu cek kondisi kesehatan ibu dan janin ke bidan atau dokter kandungan terdekat. Dengan begitu perkembangan dan kesehatan ibu dan bayi dapat terkontrol dengan baik.

Baca Juga: Ayah, Ketahui dan Pahami 3 Hal Penting saat Ibu Hamil Muda

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement