Jumat 26 Jul 2019 03:24 WIB

Pesona Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo berlokasi di Batu, Jawa Timur.

Rep: mgrol123/ Red: Agung Sasongko
Koleksi Gajah Sumatera di Batu Secret Zoo.
Foto: Antara
Koleksi Gajah Sumatera di Batu Secret Zoo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memiliki berbagai kebun binatang di daerah yang berbeda. Setiap kebun binatang memiliki ciri khas berbeda pula. Mulai dari cara memperkenalkan koleksi hingga fasilitas atraksi yang memanjakan pengunjungnya.

Kita mengenal kebun binatang Ragunan. Kebun binatang dengan jumlah pengunjung yang cukup tinggi ini memiliki daya tarik karena berada di tengah kota. Juga ada Taman Safari yang memanjakan pengunjungan dengan konsep safarinya.

Bagaimana dengan Kebun Binatang Batu Secret Zoo?

Kebun binatang yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur ini merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2. Kebun binatang tersebut tidak hanya menampilkan fauna dari Indonesia, tetapi juga beragam spesies dari berbagai belahan dunia seperti dari Afrika, Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Asia dan bahkan daerah Kutub Utara dan Selatan.

Sejak diresmikan 2010 lalu, kebun binatang ini memiliki manajemen koleksi hewan yang terorganisir. Koleksi satwa merujuk pada habita mereka. Seperti ada habibat savana Afrika. Bahkan ada satu seksi yang menampilkan habitat hutan subropis.

Selain itu, di kandang-kandang yang  desainnya  terinspirasi dari  dataran rendah Serengeti, terdapat koleksi beberapa Antelop Afrika yang terdiri dari Scimitar Oryx, Gemsbok, Nyala dan antilop air.

Selain koleksi hewan, ada beberapa pertunjukan yang diadakan oleh kebun binatang itu sendiri agar Jawa Timur Park dapat mencapai dua tujuan utamanya yaitu pendidikan dan hiburan. Pertunjukan yang dapat dilihat di Batu Secret Zoo adalah pemberian makan terhadap hewan, seperti pemberian makan harimau.

Untuk melakukannya, orang yang ingin memberi makan harimau harus menggunakan alat pancing besar dan meletakkan daging di bagian hook dengan tujuan untuk menarik perhatian binatang buas tersebut. Setelah daging melekat pada hook, orang yang memegang alat pancing akan melemparkannya ke kandang harimau yang terletak di bawah jembatan di salah satu jalur kebun binatang.

Sementara itu, untuk acara pemberian makan terhadap hewan berkategori herbivora seperti badak putih Afrika dan Jerapah bisa dilakukan dalam jarak dekat. Untuk tambahan, pemberian makan terhadap koleksi hewan Batu Secret Zoo harus dibimbing oleh penjaga kebun binatang sehingga para penggunjung bisa berinteraksi dengan aman.

Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan hewan koleksi kebun binatang dalam jarak dekat. Ada beberapa satwa bisa dijadikan objek foto bersama keluarga seperti binturong, ular piton dan burung nuri. Untuk berfoto dengan hewan hewan ini, pengunjung wajib didampingi oleh pawang hewan agar mereka bisa berinteraksi dengan hewan hewan ini tanpa membahayakan diri mereka. Selain itu, dalam area dengan fasilitas untuk berinteraksi dengan hewan lebih dekat, pengunjung bisa menaiki beberapa hewan seperti gajah, unta dan kuda poni.   

Tentunya koleksi hewan yang di miliki oleh Batu Secret Zoo tidak hanya terdiri dari hewan darat tetapi juga hewan air. Oleh karenanya, di salah satu lokasi terdapat sebuah tempat bernama zona akuarium di mana para pengunjung tidak hanya dapat melihat ikan air tawar tapi juga ikan air laut. 

Bahkan, di salah satu tempat di zona akuarium terdapat sebuah kolam yang di mana para pengunjung bisa juga melihat hewan tidak hanya dari atas tetapi juga bisa melihatnya dari bawah tanah. Lokasi ini adalah kombinasi dari kolam sekaligus akuarium bawah tanah. Yang lebih uniknya, di akuarium ini terdapat satu ekor buaya moncong lurus, ikan alligator, dan ikan toman yang hidup berdampingan tanpa membahayakan satu sama lain.   

“Bagi saya, memang itu sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan ketika pertama kali saya mengunjungi Kebun Binatang ini di tahun 2018. Pertamanya, saya ingin mengunjungi Kebun Binatang ini karena saya suka menonton acara dokumenter tentang binatang terutama di saluran televisi discovery channel dan animal planet juga saya mendengar tentang Kebun Binatang ini dari rekan rekan saya kalau Batu Secret Zoo adalah Kebun Binatang yang unik dan tidak seperti kebun Binatang Indonesia lainnya” kata Andri(30), salah satu pengunjung yang berasal dari Jakarta.    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement