Kamis 25 Jul 2019 16:15 WIB

Kiat Menyajikan Teh Terbaik di Rumah

Untuk menghasilkan teh rasa terbaik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi Teh Manis
Foto: Pixabay
Ilustrasi Teh Manis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di berbagai daerah di Indonesia, teh menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih. Pakar teh sekaligus juri dari kompetisi Tea Masters Cup, Oza Sudewo, mengatakan minum teh bukan hanya sebagai pelepas dahaga.

Minum teh menurutnya menjadi sebuah pengalaman unik yang akan membawa seseorang lebih menikmati hidup. Untuk menghasilkan rasa terbaik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa kiat untuk menyajikan teh terbaik di rumah menurut Oza.

Baca Juga

1. Pilih daun teh berkualitas

Oza menekankan pentingnya pemilihan daun teh terbaik. Menurut dia, daun teh menjadi modal utama untuk menghasilkan teh terbaik. Tanpa daun teh yang berkualitas, jangan harap akan menghasilkan sajian teh yang nikmat.

“Daun teh yang jelek, disajikan dengan teknik apapun tetap tidak enak. Tapi kalau daun berkualitas akan bisa dieksplorasi dan disajikan secara optimal,” kata Oza kepada Republika.

2. Air berkualitas

Oza mengibaratkan air sebagai ibu dari teh sebab 97 persen teh kandungan teh terdiri dari air. Karenanya air yang digunakan untuk menyeduh teh harus berkualitas baik.

Dia pun tidak merekomendasikan air yang sudah melewati proses penyulingan untuk meracik teh. Air yang disuling  tidak mengandung mineral yang berfungsi mengeluarkan cita rasa otentik dari daun teh.

“Air yang didapat dari sumber air atau jika sulit bisa gunakan air mineral. Jangan pakai air distilasi atau yang sudah melewati proses penyulingan,” kata dia.

3. Peralatan memadai

Peralatan yang disarankan tidak muluk-muluk. Misalnya siapkan penyaringan, teko, serta wadah dan gelas penyajian teh berbahan kaca atau porselen. “Jangan sesekali menyeduh teh menggunakan gelas atau wadah berbahan plastik, takutnya kan retak ya,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement