Rabu 24 Jul 2019 09:34 WIB

Sepatu Nike Lawas Terjual Rp 6,1 Miliar

Sepasang sepatu yang dirilis Nike pada 1972 bernama Moon Shoe laku Rp 6,1 miliar

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Nike Moon Shoe.
Foto: Sotheby
Nike Moon Shoe.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sepasang sepatu tahun 1972 yang merupakan salah satu pasang sepatu pertama buatan Nike terjual seharga 437.500 dolar Amerika Serikat (AS). Angka ini setara dengan Rp 6,1 miliar. Jumlah tersebut memecahkan harga rekor sepasang sepatu yang dilelang di publik.

Dilansir Malay Mail, Rabu (24/7), sepatu ini disebut Nike Moon Shoe. Sepatu dirancang oleh salah satu pendiri Nike dan pelatih lintasan Bill Bowerman untuk pelari pada uji coba Olimpiade 1972. Moon Shoe merupakan bagian teratas dalam lelang pertama yang didedikasikan untuk sepatu olahraga di rumah lelang Sotheby di New York.

Baca Juga

Sotheby mengatakan harga itu adalah rekor lelang dunia untuk sepasang sneaker. Pembelinya adalah investor dan kolektor mobil Kanada, Miles Nadal.

Nadal sebelumnya membayar 850 ribu dolar AS atau sekitar Rp 11,8 miliar untuk 99 pasang sepatu koleksi langka yang ditawarkan oleh Sotheby. Moon Shoe merupakan sepatu buatan tangan dengan pola wafel tunggal. Sepatu ini merupakan satu dari 12 pasang sepatu yang pernah dibuat dan satu-satunya dalam kondisi baik atau tidak rusak.

Nadal, pendiri perusahaan investasi Peerage Capital, mengatakan bahwa ia sangat senang dengan pembeliannya. Ia menyebut Moon Shoe adalah sebuah artefak sejati dalam sejarah olahraga dan budaya pop. “Saya pikir budaya sneaker dan koleksi berada di ambang momen kesuksesan,” kata Nadal.

Ia berencana untuk menampilkan Moon Shoe bersama dengan 99 pasang sepatu lainnya di museum mobil pribadinya di Toronto. Selain Moon Shoe, Nadal memiliki edisi terbatas Back to the Future Part II versi 2011 dan 2016 oleh Nike. Sepatu itu terinspirasi oleh film 1989 yang dibintangi oleh Michael J. Fox. Nadal juga mengoleksi sepatu edisi terbatas yang diproduksi oleh Adidas, Air Jordan, dan rapper Kanye West.

Harga tertinggi sebelumnya yang diambil di lelang publik untuk sepatu adalah 190.373 dolar AS di California pada 2017. Harga itu menebus sepasang sepatu Converse yang ditandatangani dan telah dipakai oleh Michael Jordan di final bola basket Olimpiade 1984.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement