Jumat 19 Jul 2019 16:52 WIB

Kemenkes: Obesitas Masalah Kesehatan yang Cukup Serius

Jumlah penderita obesitas di Indonesia lebih tinggi dari penderita gizi buruk

Obesitas anak
Obesitas anak

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Riskiyana Sukandhi Putra mengatakan obesitas atau kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Menurutnya masalah obesitas memerlukan penanganan segera.

"Sekarang ini jumlah penderita obesitas di Indonesia lebih tinggi dari penderita gizi buruk. Masalah kesehatan tersebut jika dibiarkan dapat menimbulkan masalah baru," ujarnya di Palembang, Jumat (19/7).

Baca Juga

Permasalahan kesehatan itu disebabkan pola makan masyarakat yang kurang baik dan berlebihan. Selain itu obesitas juga terjadi karena kurang beraktivitas dan berolahraga.

Khusus obesitas yang diderita anak-anak, para orang tua harus memperhatikan pola makan anak-anaknya. Orang tua juga harus mengontrol asupan gizi anak sehingga tidak berlebihan.

Obesitas adalah penumpukkan lemak yang tidak normal atau berlebihan di dalam tubuh seseorang. Kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di seluruh dunia. Selain dapat mengakibatkan masalah kesehatan secara fisik, kondisi ini juga dapat menyebabkan masalah psikologis seperti stres dan depresi.

"Kondisi tersebut jika dibiarkan terus menerus, tidak hanya berdampak pada penampilan fisik penderitanya, tetapi juga bisa memengaruhi kesehatan penderita obesitas seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi," jelasnya.

Untuk mencegah agar jumlah penderita obesitas tidak terus meningkat, pihaknya akan menggalakkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dampak buruk obesitas bagi kesehatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement