Selasa 17 Jul 2018 13:13 WIB

Segera Beralih dari Emas! Ini Dia Alasan Kenapa Investasi Berlian Lebih Menguntungkan

Meski terlihat sangat mewah, ternyata siapa saja bisa kok memulai investasi berlian

Rep: cermati/ Red:
Segera Beralih dari Emas! Ini Dia Alasan Kenapa Investasi Berlian Lebih Menguntungkan
Segera Beralih dari Emas! Ini Dia Alasan Kenapa Investasi Berlian Lebih Menguntungkan

Berlian merupakan jenis batu mulia paling mahal, langka dan keras di dunia. Untuk itu menjadi berlian sebagai salah satu instrumen investasi dan alat bisnis bukan lagi hal yang asing. Bisnis berlian pun semakin populer karena banyaknya selebritis Indonesia yang mengaku ikut menggeluti bisnis batu mulia termahal ini seperti Barbie Kumala Sari, Olla Ramlan, Nikita Mirzani hingga Jessica Iskandar.

Walaupun terdengar mahal dan sangat mewah, ternyata siapa saja bisa juga kok untuk memulai investasi berlian jika tertarik. Terdapat beberapa jenis berlian dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa dibeli di berbagai toko emas/berlian yang ada di sekitar tempat tinggal kamu. 

Kenapa Investasi Berlian sangat Digemari?

keuntungan investasi berlian

Investasi batu mulia seperti emas, perak dan berlian tentu saja memiliki banyak keuntungan jika diolah dengan tepat, tapi berlian memiliki jumlah kelebihan yang lebih banyak dibandingkan investasi batu mulia lain, bukan karena lebih mahal dan lebih langka tapi juga karena alasan-alasan berikut ini versi cermati.com:

1. Aman dari Inflasi

Tidak seperti harga emas yang bisa mengalami perubahan karena inflasi. Harga dari berlian akan tetap sama. Jadi kamu tidak perlu was-was memilih waktu yang tepat untuk menjual berlian kamu karena tidak akan ada penurunan harga seperti investasi properti.

2. Harga Murni Ditentukan dari Kualitas Berlian itu Sendiri

Tidak seperti investasi emas atau saham yang harga pembeliannya masih dikontrol oleh pemerintah. Berlian bebas dari itu semua, harga yang diterapkan pada berlian benar-benar murni dari penilaiannya yang diberikan kepada kualitas berlian itu sendiri dan hanya bisa diatur oleh pihak pembeli dan penjual tanpa ada standar tertentu.

3. Nilainya yang Bisa Terus Meningkat

Memang berlian kebal inflasi dan tidak akan mengalami perubahan atau penurunan harga ketika krisis ekonomi. Tapi harga dari berlian bisa meningkat karena beberapa faktor, seperti kelangkaan jenisnya, tingginya permintaan dan keindahannya. Ketika menjual berlian dengan bentuk perhiasan, bingkai berlian atau rantai kalungnya yang terbuat dari emas atau perak juga bisa mempengaruhi harga beli berlian.

4. Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

Seperti batu mulia lain yaitu emas, berlian sama sekali tidak membutuhkan perlakukan khusus ketika merawat dan menyimpannya. Sebagai jenis batu paling tahan banting di bumi, berlian diletakan ditempat yang sama dalam jangka waktu yang lama tidak akan merusak fisik dan mempengaruhi harganya. Walaupun tempat itu terlalu panas, lembab ataupun kotor, karena berlian tidak mudah tergores, keras dan susah hancur.

5. Tidak Memakan Ruang untuk Penyimpanannya

Selain tahan lama dan tidak mudah rusak/hancur. Berlian pun tidak membutuhkan ruang yang besar untuk penyimpanannya, tidak seperti ketika kamu mengoleksi barang mewah lain seperti tas atau sepatu yang membutuhkan ruangan khusus. Kamu bisa meletakannya di brankas kecil di tempat yang paling aman dirumah. Atau agar lebih aman lagi, langsung membuka safe deposit box  di bank.

6. Tidak Hanya Jadi Alat Investasi tapi Juga Perhiasan

Berlian sebagai pilihan investasi memiliki peran ganda, tidak hanya sebagai alat investasi tapi juga sebagai penunjang penampilan. Jadi untuk kamu yang wanita, pilih berlian sebagai instrumen investasi agar tidak hanya bisa untung di keuangan tapi juga dipenampilan.

7. Tidak Sulit untuk Memulainya bahkan untuk Pemula Sekalipun

Memulai bisnis berlian sangatlah mudah, kamu tidak perlu mendaftarkan identitas seperti investasi saham karena ini investasi yang bersifat sangat pribadi dan anominitas. Jadi siapa saja bisa membeli, memiliki dan menjual berlian. Selain itu harga acuan dari berlian sangatlah jelas jadi tidak susah untuk dipelajari dan praktikan, rendah risiko dan objeknya sangatlah digemari jadi tidak sulit untuk menjualnya kembali.

Baca Juga: Investor Perlu Perhatikan, ini 6 Strategi Investasi Reksadana yang Paling Menguntungkan

 

Cara Menentukan Harga Berlian

Cara Menentukan Harga Berlian

Namun, sebagai pemula yang ingin ada baiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis berlian dan hal-hal apa yang membuat sebuah berlian memiliki harga yang tinggi dan rendah. Ada beberapa syarat dari sebuah berlian yang membuat masing-masing berlian memiliki harganya masing-masing. Ini dia faktor-faktor yang dipakai untuk menetapkan sebuah harga berlian:

1. Berat Berlian

Semakin berat sebuah berlian semakin mahal pula harganya. Begitu juga dengan karatnya. Semakin tinggi karat dari berlian tersebut makan akan semakin mahal harga dari berlian tersebut.

2. Tampilan Berlian

Kualitas berlian juga dilihat dari potongannya. Semakin simetris potongan berlian tersebut, lalu proporsi crown yang tepat serta hasil polesan yang baik dapat meningkatkan harga berlian tersebut. Selain itu jika berlian tersebut dipoles sebagai bentuk perhiasan dengan tampilan yang menarik dan banyak digemari atau sedang tren, hal tersebut juga bisa mempengaruhi harga dari berlian.

3. Tingkat Kejernihan Berlian

Tingkat kejernihan berlian juga mempengaruhi harga dari berlian karena kejernihan berlian termasuk dari kategori syarat kualitas sebuah berlian. Berlian yang jernih berarti tidak ada cacat bawaan dan tidak ada mineral lain yang terbawa.

4. Memiliki Sertifikasi yang Diakui

Terdapat banyak lembaga khusus yang dapat mengeluarkan sertifikat atas berlian, seperti GIA (Gemological Institute of America) dan AGS (American Gem Society). Biasanya sertifikasi GIA adalah yang paling terpercaya dan dikenal di seluruh dunia.

Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

ciri-ciri berlian palsu

Tapi harus diingat, semakin populer sebuah bisnis maka semakin tinggi juga risiko modus penipuannya. Terlebih lagi untuk orang-orang yang baru memulai bisnis ini. Jadi sebagai salah satu tindakan pencegahan ada baikanya bagi Kamu mempelajarin dulu ciri-ciri berlian asli untuk mengetahui perbedaannya dengan berlian yang abal-abal:

Berikut adalah cara untuk membedakan berlian asli dan palsu yang berhasil dikumpulkan oleh Cermati.com:

1. Diamplas atau Digosok ke Media yang Kasar

Sebagai batu paling keras di dunia, membuat berlian bukan hanya susah untuk dihancurkan tapi juga tidak bisa tergores. Walaupun sudah sengaja di gosok oleh amplas atau benda tajam lainnya. Berlian palsu tentu akan kebalikannya karena kebanyakan berlian palsu mengandung bahan cubic zirconias yang mudah tergores bahkan habis jika diamplas dengan kuat.

2. Fog Test

Berlian memiliki konduktivitas panas yang tinggi didalamnya, karena itu berlian tidak akan berembun jika kamu menghembuskan nafas kamu ke berlian tersebut. Embun yang dihasilkan oleh hembusan nafas tersebut akan hilang seketika di berlian bahkan kurang dari 1 detik. Tidak seperti berlian palsu yang akan berembun beberapa detik jika dilakukan aksi yang sama.

3. Test Transparasi

Untuk membedakan apakah berlian itu asli atau tidak, kamu bisa memposisikan di atas sebuah koran atau buku. Berlian yang asli akan menutupi cahaya dan benar-benar padat sehingga walaupun terlihat bening, kamu tetap tidak akan bisa melihat objek seperti huruf atau angka yang ditutupi berlian.

Berbeda dengan berlian palsu yang masih bisa memberikan bayangan walaupun samar untuk objek yang ditutupi.

4. Dibakar

Berlian asli tidak akan panas walaupun sudah dibakar atau dipanaskan dengan suhu tinggi karena berlian asli akan cepat menghilangkan/menyerap panas dengan cepat.

5. Floating/Water Test

Berlian memiliki sifat yang sama dengan batu mulia lain, yaitu tidak akan terapung jika diletakkan di dalam air. Karena massa dari berlian asli pasti akan lebih berat daripada zat cair berbeda dengan berlian palsu yang terdiri dari batu mineral lain yang bisa saja serupa dengan berlian

6. Refleksi Cahaya

Perlu diketahui, berlian asli tidak akan memberikan warna refleksi selain warna abu-abu. Jadi jika kamu ragu dengan keaslian berlian, letakan berlian di tempat yang memiliki cahaya atau sorotkan cahaya langsung ke berlian seperti senter dan jika refleksi cahaya yang ditimbulkan adalah warna selain abu-abu itu artinya ada kemungkinan berlian tersebut palsu, dicampur atau berkualitas rendah.

7. Cek Menggunakan Mesin Pendeteksi Berlian

Seperti emas, berlian pun memiliki mesin pendeteksi khusus untuk mengecek apakah berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah. Jika kamu bingung membelinya dimana atau ragu dalam menggunakannya kamu bisa mendatangi toko berlian terdekat dan meminta tolong untuk mengecek keaslian dan kualitas dari Berlian tersebut menggunakan mesin mereka, biasanya mesin pendeteksi yang digunakan sebuah toko perhiasan akan lebih akurat dan lebih canggih daripada mesin pendeteksi yang portabel yang biasa dijual untuk digunakan pribadi.

Jika mesin pendeteksi mengeluarkan cahaya merah dan mengeluarkan bunyi artinya berlian tersebut asli dan jika mengeluarkan cahaya hijau atau kuning artinya ada kemungkinan batu berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah.

Baca Juga: Mau Tahu Investasi Bikin Untung dan Buntung di Pertengahan 2019?

 

Pahami Dulu Risikonya, Sebelum Menjadi Investor

Risiko rendah artinya tetap saja memiliki risiko, dan tentu saja sekecil apapun risiko yang ada di pilihan investasinya, kamu harus tetap waspada dan berhati-hati dalam mengolahnya. Termasuk dari investasi berlian, selain risiko penipuan cari tahu lagi risiko apa saja yang bisa menghampiri ketika menjalankan investasi berlian. Cari tahu informasi selengkap-lengkapnya baik di internet atau bertanya langsung ke yang sudah berpengalaman.

Baca Juga: Investor Pemula, Pahami Dulu 6 Hal Ini Agar Sukses Berinvestasi

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement