Sabtu 13 Jul 2019 04:00 WIB

Hanung Bramantyo Pukul Iqbaal Saat Syuting Bumi Manusia

Saat syuting, Hanung memukul Iqbaal supaya lebih menghayati peran

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Christiyaningsih
Sutradara Hanung Bramantyo saat mengisi kuliah umum di Auditorium  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (16/10).
Foto: dok. UNY
Sutradara Hanung Bramantyo saat mengisi kuliah umum di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (16/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjuangan para pemeran film Bumi Manusia tidak mudah untuk menjiwai tokoh yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer. Bahkan, sutradara Hanung Bramantyo sempat harus memukul aktor Iqbaal Ramadhan.

Iqbaal memerankan sosok Minke, tokoh utama dalam film. Saat syuting, Hanung memukulnya supaya lebih menghayati peran dalam salah satu adegan. Menurut Hanung, hal tersebut terpaksa dia lakukan supaya Iqbaal lebih menjiwai.

Baca Juga

Karakter Minke dalam novel Pram adalah anak muda yang cerdas dan memperoleh berbagai kemudahan dalam hidup. Karakteristik muda, pintar, dan lahir dari lingkungan keluarga berada itu cukup serupa dengan Iqbaal sehingga dia tidak kesulitan.

Namun, satu hal yang tidak dimiliki Iqbaal dalam diri Minke adalah perasaan tertindas atas hukum kolonial yang sangat rasis. Karenanya, sebagai sutradara Hanung merasa harus menumbuhkan rasa itu.

Pada bagian terakhir adegan, Hanung sengaja memukul bahu Iqbaal menggunakan telapak tangan. Menurut dia, pukulan itu tidak untuk menyakiti dan tak berbahaya, tapi merangsang Iqbaal agar merasa teraniaya.

"Yang harus disadari saat melakukannya adalah kedua pihak harus sepakat bahwa kegiatan itu dilakukan demi kebaikan filmnya," kata Hanung lewat pernyataan resminya.

Bumi Manusia tayang di bioskop mulai 15 Agustus 2019. Selain Iqbaal, film ini dibintangi Sha Ine Febryanti, Mawar De Jongh, Ayu Laksmi, Donny Damara, Bryan Domani, Giorgino Abraham, dan Jerome Kurniawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement