Selasa 09 Jul 2019 18:30 WIB

Menghitung Biaya Wisata ke Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu menawarkan wisata bahari yang mudah dijangkau dari Jakarta.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Kawanan lumba-lumba terlihat di sekitar pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Senin (7/1).
Foto: Dok Istimewa
Kawanan lumba-lumba terlihat di sekitar pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Senin (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk berwisata ke Kepulauan Seribu, ada banyak alternatif yang bisa dipilih. Biayanya relatif terjangkau. Pengunjung bisa melakukan perjalanan secara mandiri atau memanfaatkan paket-paket yang banyak ditawarkan oleh agen.

Untuk menuju Kepulauan Seribu, menurut Kepala Suku Dinas Pariwisata Kab. Adm. Kep Seribu Cucu Kurnia, wisatawan memiliki dua alternatif keberangkatan. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan anggaran dan waktu yang ditempuh sampai ke pulau tujuan.

Baca Juga

Untuk yang menghemat biaya, pengunjung bisa berangkat dari Muara Angke dengan harga tiket Rp 100 ribu pulang-pergi per orang. Kalau ingin cepat sampai, wisatwan dapat menggunakan speed boat dari Ancol. Biaya transportasinya Rp 300 ribu dari Ancol ke Pulau Pramuka untuk pulang-pergi.

Ingin snorkeling? Cucu menjelaskan, snorkeling di Kepulauan Seribu tarifnya sekitar Rp 25 ribu.

"Untuk paket acara yang pernah dilakukan di Tidung, teman-teman jual ke wisatawan untuk acara nonton Rp 390 ribu per hari per orang," ujar Cucu.

photo
Pulau Tidung

Paket itu sudah termasuk penginapan, makan tiga kali sehari, transportasi, hingga snorkeling di Kepulauan Seribu. Paket-paket beragam lain pun dengan harga yang lebih murah pun bisa didapatkan agen perjalanan.

Ada pula tawaran resort yang bisa mencapai Rp 2 juta per orang per malam dengan fasilitas yang nyaman. Namun, wisatawan yang ingin melakukan perjalanan mandiri dengan biaya yang lebih murah lagi bisa memanfaatkan rumah penduduk.

Saat ini, banyak penduduk Kepulauan Seribu yang mengembangkan penginapan terjangkau untuk wisatawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement