Senin 08 Jul 2019 21:16 WIB

Ini Dia Tips untuk Anak Menyelamatkan Diri dari Bahaya

Anak berisiko lebih tinggi daripada orang dewasa dalam menghadapi bahaya bencana.

Red: EH Ismail
Peluncuran program safe steps kids di Jakarta
Foto: Prudence Foundation
Peluncuran program safe steps kids di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah organisasi berkolaborasi membuat Safe Steps Kids, cara menyelamatkan diri untuk anak. Program ini merupakan hasil sinergi Prudence Foundation, Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) serta Cartoon Network untuk menyajikan informasi mengenai keselamatan hidup, dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. 

Program ini baru saja resmi diluncurkan. Tujuannya untuk membantu jutaan anak di seluruh Asia dengan informasi yang dapat dilakukan dalam menyelamatkan jiwa jika terjadi keadaan darurat atau situasi bencana.

photo
Anak-anak mendengarkan penjelasan program safe steps kids di Jakarta.

Program Safe Steps akan menjangkau generasi muda dengan karakter kartun dari Cartoon Network. Safe Steps Kids mencakup serangkaian tips yang berfokus pada anak, praktis dan mudah dipahami melalui media yang mereka kenal dan senangi.

Marc Fancy, Executive Director, Prudence Foundation, menyampaikan, secara global, sekitar 3,5 juta orang meninggal setiap tahun karena cedera yang tak disengaja. Dapat dikatakan, anak berisiko lebih tinggi daripada orang dewasa dalam menghadapi bahaya bencana. 

Oleh karena itu penting bagi mereka untuk mengetahui cara menghadapi keadaan darurat. “Melalui Safe Steps Kids, kami ingin membangun komunitas dan generasi masa depan yang lebih tangguh,” kata dia.

photo
Peluncuran program safe steps kids di Jakarta.

Safe Steps Kids terdiri dari 12 rangkaian video. Setiap video terdiri dari iklan layanan masyarakat yang berdurasi 50 detik. Kemudian ada tampilan cerita dari serangkaian karakter Cartoon Network untuk meningkatkan kesadaran serta memberikan informasi yang edukatif. Konten cerita, yang telah disetujui oleh IFRC, membahas tiga isu pokok yang mengancam kehidupan.

Kategori video yang pertama berfokus pada bencana, menampilkan The Powerpuff Girls. Di akhir tahun, episode Pertolongan Pertama akan diluncurkan dengan menampilkan We Bare Bears; disusul dengan video tentang Keselamatan di Jalan Raya dengan menampilkan karakter dari The Amazing World of Gumball. 

Regional Director of IFRC Asia Pacific Xavier Castellanos mengungkapkan, sebagai bagian dari komitmen kolektif mengembangkan budaya keselamatan di seluruh Asia, Program Safe Steps Kids merupakan peluang besar. Arahnya kepada keselamatan sekolah atau pendidikan kemanusiaan. Termasuk dalam pengurangan risiko bencana dan promosi kesehatan.

Video-video tersebut akan ditayangkan di situs web Safe Steps Kids dan melengkapi serangkaian materi komunikasi seperti brosur, kartu keselamatan, dan poster. Sasaran distribusinya adalah sekolah dan komunitas.

photo
Para pemangku kepentingan program Safe Steps Kids.

Vice President of Cartoon Network in Asia Pacific Leslie Lee menambahkan, kemitraan unik ini menggunakan karakter dari acara yang sangat disukai di seluruh region. Sebagai saluran anak-anak terkemuka di Asia, Cartoon Network menciptakan konten yang membantu menjadikan pesan penting ini selaras dengan anak-anak dan orang tua mereka.

“Sekali lagi, hari terselamatkan berkat The Powerpuff Girls… dengan bantuan dari teman-teman mereka dari The Amazing World of Gumball dan We Bare Bears,” ujar dia.

Video-video tersebut akan ditayangkan di delapan area market Cartoon Network: Hong Kong, Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Filipina, serta pada platform video online, situs web dan aplikasi sosial dan online Cartoon Network, termasuk Cartoon Network Watch and Play. Di Indonesia, video tersebut ditayangkan di beberapa bioskop CGV di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement