Ahad 30 Jun 2019 15:49 WIB

5 Tips Rencanakan Pesta Pernikahan Meriah dengan Budget Minim

Cermat mengatur dana merupakan kunci terhindar risiko pembengkakan pengeluaran.

Rep: cermati/ Red:
5 Tips Rencanakan Pesta Pernikahan Meriah dengan Budget Minim
5 Tips Rencanakan Pesta Pernikahan Meriah dengan Budget Minim

Saat merencanakan sebuah pesta pernikahan, tentu akan membuat pasangan calon pengantin harus memikirkan dana yang dibutuhkan. Budget menjadi salah satu poin terpenting dalam menentukan aspek-aspek dalam sebuah pesta, misalnya untuk kebutuhan konsumsi, dekorasi, hiburan dan masih banyak lainnya.

Dengan banyaknya kebutuhan pesta pernikahan tersebut, tentunya sudah dapat dipastikan saat akan membuat pesta yang spektakuler dan dihadiri oleh banyak tamu, biaya yang diperlukan sangatlah besar. Disinilah wedding organizer atau WO mengambil perannya dalam handle pesta pernikahan yang besar.

Namun sayangnya, WO sekarang ini sudah mematok harga yang cukup tinggi. Akibatnya ini membuat calon pengantin memikir kembali untuk menggunakan jasanya.

Bagi pasangan yang tidak mau repot tentunya bisa menyerahkan semua persiapan pesta pernikahannya kepada WO, tapi bagaimana dengan pasangan yang hanya memiliki budget terbatas tapi ingin menyelenggarakan pesta pernikahan yang meriah?

Tak perlu khawatir, sebab impian pesta pernikahan yang meriah tentunya bisa diwujudkan dengan mengikuti beberapa tips berikut ini guna meminimalisir budget pesta pernikahan.

 

1. Buat Rencana Anggaran

anggaran pernikahan

Buat rencana anggaran pernikahan

Saat akan membuat pesta pernikahan, anggaran yang dikeluarkan bisa menjadi tidak terkontrol jika Anda dan pasangan tidak mencatat daftar kebutuhannya terlebih dahulu. Membuat rencana anggaran pesta tentu dapat memberikan batasan pada cakupan keperluan yang harus dipenuhi. Jika tidak memiliki perencanaan pengeluaran yang pasti, bisa saja akan terus membuka dompet setiap kali merasa memerlukan sesuatu.

Untuk menyiasati hal tersebut, memiliki rencana anggaran pesta dapat membantu untuk bisa lebih bijak dalam mengendalikan pengeluaran. Ketika list keperluan pesta sudah dibuat, dapat dipastikan jumlah pengeluaran bisa terkendali dengan menghapus aspek-aspek yang tidak terlalu dibutuhkan pada pesta nantinya.

2. Meminta Bantuan Orang Terdekat

sharing

Meminta bantuan orang terdekat

Merencanakan serta menyiapkan segala kebutuhan pesta tentu bisa menjadi kegiatan yang sangat melelahkan jika dilakukan seorang diri. Tetapi, saat mengerjakan segala sesuatu dengan bergotong-royong, beban tersebut pasti dapat menjadi lebih ringan.

Agar beban saat mempersiapkan pesta bisa berkurang, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada orang-orang terdekat. Saat diminta, keluarga maupun teman dekat pasti akan bersedia dengan senang hati untuk membantu untuk menyiapkan pesta.

Anda juga bisa meminta bantuan kepada teman yang mempunyai pengalaman mengelola dan menyelenggarakan pesta pernikahan untuk memberikan saran dan membantu dalam mempersiapkan pesta.

Baca Juga: Budget Pernikahan Tidak Sampai 50 Juta? Ini Cara Mengaturnya

3. Manfaatkan Aplikasi Pemutar Musik

 musik

Manfaatkan aplikasi pemutar musik

Pesta pernikahan tentu akan terasa lebih meriah dengan adanya alunan musik. Namun, jangan terpaku hanya untuk menyewa jasa DJ ataupun band saja. Gunakan alternatif lain seperti aplikasi pemutar musik yang lebih praktis dan murah.

Selain menyuguhkan pertunjukan musik dari band teman-teman, manfaatkan juga aplikasi pemutar musik seperti Spotify, Joox, atau Deezer guna memberikan iringan musik tanpa henti. Selain menghemat biaya, pilihan lagu untuk menghibur tamu sepanjang pesta berlangsung pun bisa ditentukan sendiri, misalnya pop, RnB, dangdut, Rock dan sebagainya.

4. Dekorasi Bagus Tidak Selalu Mahal

 

Dekorasi bagus tidak selalu mahaldecor

Dekorasi juga merupakan salah satu aspek penting yang membuat pesta menjadi lebih hidup. Dengan hiasan yang tepat, konsep sebuah acara dapat terlihat lebih menarik.

Agar pesta tetap terlihat meriah meski tanpa memerlukan banyak dana untuk menghiasi venue, Anda dapat menentukan konsep atau tema pesta dengan dekorasi yang dibuat sendiri. Bila memungkinkan, buatlah rancangan dekorasi dengan memanfaatkan barang yang dimiliki.

Sebagai contoh, jika ingin menggunakan konsep taman, Anda hanya perlu memanfaatkan tanaman-tanaman di rumah untuk ditempatkan di venue pesta. Selain itu juga bisa meminjam tanaman milik teman-teman atau tetangga agar tidak perlu mengucurkan dana tambahan untuk membeli hiasan baru.

Banyaknya video tutorial membuat kreasi sendiri juga memberikan Anda ide untuk membuat dekorasi pesta. Anda hanya perlu mencari dengan kata “DIY” diikuti benda apa yang ingin dibuat dalam kolom pencarian di internet.

Biasanya, dalam video-video tersebut, alat dan bahan serta cara pembuatannya tidaklah sulit sehingga untuk menerapkannya tidak terlalu rumit. Dengan menggunakan daya kreativitas dengan maksimal, Anda bisa membuat dekorasi pesta yang menakjubkan tanpa perlu mengucurkan dana yang banyak.

Baca Juga: Mau Nikah Akhir Tahun? Susun dan Rencanakan dengan Matang, Ini Tipsnya!

5. Pilih Hidangan yang Tepat

katering

Pilih hidangan yang tepat

Menjamu tamu dengan hidangan yang nikmat merupakan salah satu cara untuk mengapresiasi kehadiran mereka dalam pesta yang diselenggarakan. Dengan berkonsultasi pada teman serta melakukan survey tempat katering dengan cermat, Anda bisa memilih hidangan yang menggugah selera dengan harga lebih murah.

Anda juga bisa menegosiasikan perihal harga dengan pihak penyedia konsumsi agar bisa menekan jumlah pengeluaran. Saat memilih menu, usahakan pula Anda menyediakan masing-masing dua menu dari setiap jenis makanan, seperti main dish dan desserts.

Pastikan juga menu makanan yang dipilih adalah makanan yang umumnya disukai oleh tamu pernikahan pada umumnya. Hal ini tentu dapat menghindari banyak makanan yang tersisa dan budget terbuang sia-sia.

Pesta Berkesan, Keuangan Aman

Tips-tips di atas tentu mudah untuk diterapkan, bukan? Cermat dalam mengatur dana untuk persiapan pesta merupakan kunci yang dapat membuat Anda terhindar dari risiko pembengkakan pengeluaran dalam persiapan pesta pernikahan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik dan memanfaatkan hal yang dimiliki, Anda dapat melangsungkan pesta yang meriah dan membuat keuangan tetap aman terkendali.

Baca Juga: Menikah Tanpa Wedding Organizer Lebih Menyenangkan dan Hemat

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement