Jumat 28 Jun 2019 05:14 WIB

7 Manfaat Kesehatan Mental dari Berkebun

Berkebun bisa meremajakan pikiran dan jiwa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Muhammad Hafil
Berkebun di Kota/Ilustrasi
Foto: VOA
Berkebun di Kota/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menghabiskan waktu dengan berkebun akan memberi dampak kesehatan bagi tubuh seseorang. Namun tidak hanya untuk kesehatan tubuh, berkebun juga dapat meremajakan pikiran dan jiwa. Berikut 7 manfaat kesehatan mental dari berkebun, dilansir Times of India Jumat (28/6).

1. Belajar Ikhlas

Baca Juga

Berkebun mengajarkan pelajaran berharga yaitu legawa menerima hasil apapun dan merangkul segala sesuatu apa adanya. Karena setiap usaha dan kerja keras dalam memelihara atau memanen kebun belum menjamin hasil panen yang bagus.

2. Lupakan perfeksionisme

Sempurna bukan berarti selalu cantik. Jika Anda adalah seseorang yang perfeksionisme, berkebun akan mengajarkan Anda untuk mencintai benda-benda yang cacat. Berusaha untuk membuat segalanya sempurna dapat menyebabkan frustrasi.

Dengan berkebun, sesempurna apapun rencana Anda untuk berkebun, namun akan ada banyak faktor yang dapat berdampak buruk pada hasil panen. Namun yang pasti, selalu dekat dengan alam adalah yang terbaik untuk pertumbuhan pola pikir.

3. Aktif bersosialisasi

Berkebun memberi Anda kesempatan sempurna untuk terhubung dengan orang lain. Tentu hal ini bisa meningkatkan kesejahteraan dan membantu Anda mengembangkan hubungan yang sehat dengan orang lain. Seperti jika Anda bertemu seseorang yang memiliki minat yang sama dalam berkebun, maka itu akan menghubungkan Anda berdua secara instan.

4. Kelola cemas

Memanjakan mata dengan tanaman berwarna hijau akan memberi manfaat kesehatan tanpa batas. Penelitian menunjukkan bahwa berada di lanskap alami dapat membantu seseorang pulih dari stres, mengelola kecemasan dan depresi.

5. Latihan fisik

Latihan fisik adalah cara lain yang efektif untuk meningkatkan suasana gembira. Aktivitas fisik bisa menurunkan kecemasan dan meningkatkan semangat. Bahkan ketika Anda tidak dapat pergi ke gym secara teratur, berjalan secara teratur di kebun untuk menyirami tanaman dan merawat tanaman akan membantu menjaga otot Anda.

6. Mengurangi stres

Berada di alam terbuka di bawah kehangatan matahari dan angin sepoi-sepoi yang sejuk, bisa menyapu semua kekhawatiran Anda dalam sekejap mata. Jadi, jangan lupa luangkan waktu dan berjalan-jalan di taman.

7. Makan sehat

Berkebun juga memotivasi Anda untuk makan makanan sehat. Kebun Anda dapat menghasilkan sayuran dan buah-buahan segar dan sehat dan Anda akan menikmati memilikinya. Ini tidak hanya akan membuat Anda tetap sehat tetapi akan memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement