Selasa 25 Jun 2019 00:15 WIB

Sineas Makassar Garap Film Edukasi Keluarga

Sineas muda Makassar kini tengah menggarap film seri berjudul Rumah

Ilustrasi Film Anak
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Film Anak

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Satu lagi karya anak muda Makassar dari sineas-sineas lokal Kota Daeng yang akan menyapa warga Sulawesi Selatan. Sineas muda Makassar kini tengah menggarap film seri berjudul Rumah yang menawarkan edukasi sosial dan keluarga.

Sutradara film Rumah, Jabal Nur, menyampaikan pembuatan film ini terinspirasi dari sebuah film Hollywood berjudul Time. Dalam film itu rumah dianggap tempat kecil biasa namun mampu memengaruhi sendi-sendi kehidupan.

Baca Juga

"Filmnya mengangkat segala hal persoalan rumah. Banyak orang menganggap rumah hal biasa, padahal dari rumah persoalan biasa bisa menjadi luar biasa. Kita mau menyampaikan bahwa tidak cenderung anak-anak bahagia karena gemilang harta" ungkapnya.

Jabal mengibaratkan salah satu permasalahan dalam rumah ialah orang tua yang sangat sibuk sehingga tidak memiliki waktu luang bagi anggota keluarganya yang lain. Akibatnya anak-anak yang menjadi korban. Anak-anak merasa kesepian, tidak ada tempat untuk bercerita, mengeluh, dan berkasih sayang.

Ia mengatakan pendekatan audio visual melalui film dianggap sangat pas untuk menggambarkan kondisi rumah di berbagai wilayah Indonesia. Khususnya pada kawasan metropolitan yang umumnya banyak terjadi polemik.

"Hampir semua genre kami sajikan dalam film ini. Misalnya unsur komedi, sedih, senang dan action juga ada. Karena ada tayangan yang melibatkan polisi dan mafia pada saat penculikan anak," ungkap Jabal.

Produser film Rumah, Anto Rocka, menyebut pihaknya telah melakukan proses syuting seri pertama dari enam seri yang rencana bakal digarap. Proses syuting ini melibatkan sekitar 20 orang termasuk beberapa sineas lokal dengan keahlian masing-masing.

"Dengan dana yang sangat terbatas, beberapa teman-teman sineas berhasil kami libatkan meski masih dengan harga bersahabat seperti sineas visualisasi editing dan pengambilan gambar," ungkapnya.

Dinaungi oleh Rafa Studio Indonesia, film tersebut dijadwalkan akan segera tayang di salah satu televisi swasta pada pertengahan Juli 2019. Rumah rencananya akan tayang setiap akhir pekan. "Bukan hanya di televisi, film drama seri ini juga bisa disaksikan di Youtube," ungkap pria dengan nama lengkap Rakhmat Aidul Fitrianto itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement