Senin 24 Jun 2019 13:11 WIB

Festival Damai Hasilkan Deklarasi Persatuan

Deklarasi Persatuan dibacakan di Festival Damai Jakarta

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Warga mengikuti Festival Damai dan Millennial Safety Road di Monas, Jakarta Pusat, Ahad (23/6/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warga mengikuti Festival Damai dan Millennial Safety Road di Monas, Jakarta Pusat, Ahad (23/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival Damai Jakarta di Silang Monas, Jakarta, Ahad (23/6) telah berlangsung. Sejak pagi hingga siang hari, ribuan orang memadati kegiatan yang dihelat oleh Polda Metro Jaya bersama beberapa pihak itu.

Kegiatan mengusung tema "Merajut Persatuan dalam Kebhinnekaan dan Milennial Road Safety". Puncak acara adalah pembacaan Deklarasi Damai yang melibatkan perwakilan berbagai pihak, termasuk pemerintah, aparat kepolisian, seniman, budayawan, dan generasi milenial.

Poin pertama deklarasi ialah siap merajut persatuan dan kesatuan bangsa guna mewujudkan kedamaian bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kedua, menolak segala tindakan yang dapat menimbulkan kerusuhan serta perpecahan.

Ketiga, mendukung program pemerintah dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat serta keselamatan berlalu lintas. Poin keempat, siap menjadi pelopor persatuan dalam kebinekaan.

Pembacaan bersama itu dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh perwakilan berbagai kalangan. Selanjutnya, penyanyi Lea Simanjuntak dan Giring Ganesha naik panggung membawakan dua lagu.

photo
Anggota Polisi melakukan terjun payung dalam Festival Damai dan Millennial Safety Road di Monas, Jakarta Pusat, Ahad (23/6/2019).

Mereka melantunkan lagu "Kebyar Kebyar" dan "Indonesia Jaya" yang liriknya menyuarakan pentingnya persatuan Indonesia. "Kita catat perdamaian, kita catat persatuan," ungkap Giring membakar semangat penonton.

Festival turut menyuguhkan penampilan musisi Jamrud, Anji, Zaskia Gotik, dan RAN. Hadir pula figur publik seperti Ria Ricis, Boy William, Nabila Putri, Ivi Batuta, Nirina Zubir, dan Omesh.

Tidak hanya penampilan musik dan kegiatan seni lainnya, Festival Damai pun menyuguhkan aksi 46 penerjun payung di depan panggung utama. Beberapa di antaranya mengibarkan bendera merah putih dan bendera HUT ke-492 Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement