Sabtu 08 Jun 2019 01:37 WIB

Dalang Asal Polandia Pentaskan Wayang Kulit

Dalang adalah alumni kampus Darmasiswa di Indonesia.

Pelajar Sekolah Dasar mengamati wayang kulit saat berkunjung ke Museum Wayang, Jakarta, Jumat (16/11).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pelajar Sekolah Dasar mengamati wayang kulit saat berkunjung ke Museum Wayang, Jakarta, Jumat (16/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertunjukan Wayang kulit dengan dalang Mariana Lis, asal Polandia dengan mengunakan bahasa setempat menjadi satu daya tarik bagi pengunjung Festival Internasional Warsawa. Pestival ini berlangsung di ibu kota Polandia, Warsawa, pada akhir pekan, (1-2/6).

Dubes Indonesia untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah mengatakan Festival international yang pertama kali diadakan di Taman Kota Agrykola Park itu bertujuan untuk menyambut musim panas. Festival ini juga sekaligus mempromosikan multikulturalism di ibu kota Warsawa.

Baca Juga

Mariana Lis adalah alumni Program Darmasiswa Indonesia. Ia tampak dengan lincah dan lancar memainkan wayang, yang kisahnya disesuaikan dengan penonton lokal.

Pertunjukan wayang diiringi gamelan yang juga dimainkan secara langsung oleh beberapa alumni Darmasiswa. Mereka antara lain Marianna Lis, Tomasz Matlingiewicz, Dennissee Peralta dan Dawid Martin serta beberapa pelajar Indonesia anggota Persatuan Pelajar Indonesia Polandia.

Menurut Dubes, selain Paviliun Indonesia juga terdapat paviliun internasional lainnya yang ikut memeriahkan festival itu antara lain dari Vietnam, Thailand, India, Tunisia, Yunani, Italia dan Turki.

Paviliun Indonesia selain menampilkan wayang juga permainan musik gamelan, kerajinan tangan, kuliner khas Indonesia. Oeng tahu, martabak telur, rendang, dadar gulung, perkedel, bolen pisang dan risoles meramaikan paviliun.

Siti menilai alumni Program Darmasiswa dan PPI adalah aset bangsa yang berkontribusi besar dalam kegiatan promosi Indonesia di luar negeri. "Saat ini terdapat sekitar 400 alumni darmasiswa di seluruh Polandia", katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement