Senin 03 Jun 2019 17:05 WIB

Cara Hotel Hadapi Okupansi Sepi Selama Ramadhan

Okupansi sepi, hotel bidik segmen korporat dan adakan buka bersama selama Ramadhan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Christiyaningsih
Tamu hotel (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Tamu hotel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Memasuki bulan Ramadhan, tingkat okupansi hotel umumya mengalami penurunan. Kondisi serupa juga terjadi di Kota Malang. General Manager Savana Hotel & Convention Malang, Suprapto, mengaku okupansi hotel di Pulau Jawa selalu sepi selama Ramadhan.

Akan tetapi hal ini tidak membuat pengelola hotel menyerah begitu saja. "Masih ada beberapa segmen yang bisa didongkrak untuk diambil khususnya dari korporat," ujar Suprapto saat ditemui Republika belum lama ini.

Baca Juga

Selain itu, hotel juga mengadakan kegiatan buka bersama (bukber) yang menjadi peluang untuk meningkatkan minat pengunjung. Suprapto mengungkapkan banyak hotel yang menawarkan promo bukber. Strategi ini sebenarnya telah berjalan sejak lama.

Menurut Suprapto, jumlah pengunjung bukber di hotelnya mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. "Mungkin dua kali lipat peningkatannya berkat Ramadhan dan volume penggunaan juga. Volume orang lebih cenderung suka menggunakan fasilitas hotel karena lebih mudah dalam pelayanan," tambahnya.

Peningkatan ini terjadi karena Hotel Savana mulai membuka fasilitas bukber baru. Semula hanya memanfaatkan ruang after five, kini mereka mempromosikam restoran di sekitar kolam renang. Karena fasilitas ini, jumlah konsumen ternyata lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement