Ahad 02 Jun 2019 04:33 WIB

Tips Menyelenggarakan Open House Saat Lebaran Agar Lebih Meriah

Open house Lebaran menjadi penting untuk silaturahim dengan tetangga dan publik.

Rep: cermati/ Red:
Tips Menyelenggarakan Open House Saat Lebaran Agar Lebih Meriah
Tips Menyelenggarakan Open House Saat Lebaran Agar Lebih Meriah

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi” - H.R. Bukhori.

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang pas untuk berkumpul dan bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat dekat. Open House menjadi salah satu tradisi merayakan lebaran.

Saat hari Lebaran, kita akan kedatangan tamu, baik itu dari keluarga, tetangga maupun kerabat jauh. Menggelar acara open house banyak dipilih dalam menyambut keluarga dan kerabat yang datang pada saat merayakan hari kemenangan umat muslim. Acara open house bisa menjadi ajang bersilahturahmi berkumpul tapi juga berbagi dengan semua orang.

Apakah Anda sudah memiliki konsep open house yang menarik? Atau masih bingung mau merencanakan open house yang seperti apa. Berikut tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menyelenggarakan open house lebaran secara lancar dan meriah.

 

1. Pilihan Menu Makanan

menu makanan

Makanan adalah hal yang tidak bisa lepas dari sebuah perayaan atau hari besar. Tentu saja di hari yang istimewa maka makanannya pun spesial atau makanan khas pilihan keluarga. Pilihlah menu makanan yang sederhana tapi cocok di lidah semua orang seperti opor ayam, rendang, ketupat sayur, sambal goreng hati, atau makanan khas lainnya.

Tips: Sediakan juga snack-snack khas lebaran untuk memeriahkan menu makanan open house lebaran, seperti kue nastar, kastangel dan kue kering lainnya. Untuk minuman sediakan  variasi minuman mulai dari air putih hingga minuman manis seperti es buah atau sirup.

2. Katering atau Memasak Sendiri

memasak

Berbeda dengan acara kumpul keluarga biasa, penyediaan makanan untuk acara open house akan lebih banyak dan tentunya lebih mahal. Ini tergantung dari pilihan, apakah akan menggunakan jasa katering atau memasak sendiri.

Katering atau memasak sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, dengan menggunakan jasa katering tentu Anda tidak usah repot memasak untuk sejumlah orang tapi biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak. Apalagi untuk acara seperti open house yang jumlah tamunya terkadang bisa diluar perkiraan membuat Anda tentu saja harus lebih teliti lagi dalam menyiapkan dana untuk konsumsi.

Tips: Apabila Anda memasak sendiri, biaya yang akan dikeluarkan untuk pembelian bahan makanan akan terasa lebih hemat dibandingkan katering. Dengan memasak sendiri Anda akan lebih mengetahui lebih baik dari sisi kebersihan makanan. Lakukan budgeting di awal sebelum berbelanja dan upayakan untuk memasak lebih banyak dari porsi yang seharusnya.  

3. Pemilihan Lokasi Acara

lokasi acara

Untuk lokasinya tidak usah terlalu pusing Anda bisa memanfaatkan halaman atau rumah sendiri. Jika memutuskan melaksanakan acara dengan konsep out door seperti di halaman belakang rumah, jangan lupa menyiapkan tenda khusus untuk bagian makanan dan beberapa kursi yang biasa digunakan untuk acara. Gunakan jasa sewa alat pesta agar tidak perlu repot-repot menyiapkannya.

Tips : Anda juga bisa melakukan open house di dalam ruangan tamu di rumah Anda. Selain lebih hemat, tentu hal ini akan lebih nyaman karena tidak perlu takut makanan dan tamu terkena hujan atau terik matahari. Anda bisa menggunakan konsep lesehan.

4. Pemilihan Waktu Acara

waktu acara

Waktu yang tepat untuk open house ialah di hari lebaran pertama maupun hari kedua maupun hari ketiga. Umumnya, dilakukan setelah melaksanakan ibadah solat ied. Namun hal ini bervariasi dan pilihan tergantung Anda.

Tips: Apabila Anda merasa waktu pas lebaran Anda masih mudik belum sempat open house, ini bisa ditunda di waktu yang tepat, misalnya saat weekend.

Baca Juga : Lakukan Hal Ini Agar Tidak bangkrut Usai Mudik Lebaran

5. Perkirakan Jumlah Tamu yang akan Datang

daftar tamu

Walaupun open house adalah sebuah acara yang bisa didatangi siapapun, tapi setidaknya Anda harus memiliki perhitungan yang pasti mengenai jumlah tamu yang akan datang. Ini untuk menghindari kekurangan makanan kepada beberapa tamu.

Tips: Buat daftar siapa saja yang sudah dipastikan akan datang, seperti daftar jumlah keluarga dan saudara. Apabila Anda Lalu tentukan secara kasar berapa jumlah tetangga dan Apabila Anda mengadakan acara berbagi dengan yayasan panti asuhan , akan lebih baik Anda melakukan  perhitungan dulu untuk jumlah tamu yang akan datang.

Baca Juga : 5 Pekerjaan Sampingan Menjelang Lebaran

Berbagi Kebahagian di Hari yang Fitri

Lebaran adalah hari kemenangan untuk seluruh umat muslim. Jadi, manfaatkan momen lebaran untuk mempererat silahturahmi dan berbagi dengan sesama. Meriahkan hari kemenangan Anda dengan lebih banyak lagi melakukan hal baik kepada orang lain.

Baca Juga : Inilah Kartu Kredit Pilihan untuk Ramadan hingga Lebaran 2017

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement