Senin 27 May 2019 17:05 WIB

Brown Sugar Vs Gula Pasir Putih, Mana yang Lebih Baik?

Tubuh tak membedakan kala mencerna brown sugar ataupun gula pasir putih.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Brown sugar alias gula pasir yang berwarna kecokelatan
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Brown sugar alias gula pasir yang berwarna kecokelatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roti tawar gandum berwarna coeklat memang memiliki lebih banyak serat dibandingkan roti tawar putih. Demikian juga dengan nasi dari beras merah yang memiliki serat yang lebih tinggi ketimbang nasi dari beras putih.

Lantas, apakah brown sugar alias gula pasir berwarna kecokelatan memiliki lebih banyak serat ketimbang gula pasir putih? Dilansir The Daily Meal, ternyata hal ini tidak benar demikian.

Baca Juga

Brown sugar dan gula putih ternyata memiliki nutrisi hampir identik. Satu sendok teh gula pasir kecokelatan dan satu sendok teh gula putih sama-sama memiliki sekitar 15 kalori.

photo
Gula pasir

Brown sugar dan gula putih mengandung sekitar empat gram gula. Hal ini memberikan kesimpulan, hampir semua kalori dalam gula pasir kecokelatan dan putih berasal dari karbohidrat sederhana.

"Sebagian besar gula tambahan pada dasarnya sama dan harus selalu dipandang sebagai gula karena di dalam pencernaan, tubuh tidak membeda-bedakan gula putih atau brown sugar," kata ahli gizi dan pendidik yang mengoperasikan Eats 2 Know, LLC, Dana Harrison.

Menurutnya, alih-alih berfokus pada gula mana yang lebih sehat dari satu sama lain, sebenarnya lebih penting untuk memahami batasan asupan gula yang dianjurkan berikut pengaruhnya terhadap kesehatan. Secara keseluruhan, bahan yang terdapat pada keduanya terdiri atas bahan kimia.

Pada gula putih, merupakan gula yang telah disuling menjadi kristal putih sukrosa 99,9 persen. Sementara gula kecokelatan, Harrison menjelaskan, pada dasarnya hanya gula putih dengan penambahan molase untuk memberikan profil rasa yang lebih dalam.

Akibatnya, brown sugar memang mengandung nutrisi dari molase seperti kalsium, kalium, zat besi, dan magnesium, sedangkan gula putih tidak. Akan tetapi, nutrisi ini ada dalam jumlah yang sangat sedikit sehingga perbedaannya pada dasarnya dapat diabaikan.

Mungkin juga ada beberapa kesalahpahaman tentang gula merah berwarna cokelat muda dan gula merah berwarna cokelat gelap. Kecerahan warna pada gula merah sejatinya tidak merujuk pada tinggi rendahnya jumlah kalori.

Perbedaan keduanya berasal dari jumlah molase yang terkandung dalam gula. Gula cokelat muda mengandung sekitar 3,5 persen molase dan gula merah tua mengandung 6,5 persen. Bagaimanapun, tubuh memproses gula ini sama.

Walaupun kedua gula ini hampir sama secara nutrisi, rasanya bisa sangat bervariasi. Kukis yang dibuat dengan gula merah akan memiliki rasa yang lebih dalam, lebih manis daripada kue yang dibuat dengan warna putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement