Sabtu 25 May 2019 09:09 WIB

Wanita Usia 30-an Sebaiknya Mulai Lima Kebiasaan Sehat Ini

Menerapkan kebiasaan sehat sangat disarankan bagi wanita sejak usia 30-an

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih
Wanita berolahraga.
Foto: EPA
Wanita berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membiasakan hidup sehat sejak muda akan membuat pola sehat tersebut tetap dijalankan hingga masa tua. Ketika Anda mulai menginjak uia 30-an, maka sebaiknya mulailah menjalankan rutinitas yang menyehatkan.

Apa sajakah pilihan rutinitas sehat itu? Berikut lima pilihan gaya hidup sehat yang dibutuhkan setiap wanita pada saat ia mencapai usia 30 tahunan dilansir laman Women's Health Magazine.

Baca Juga

1. Temukan olahraga yang Anda nikmati

Olahraga meningkatkan suasana hati, membuat tidur lebih baik, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, dan banyak lagi. Tapi jika terlanjur tidak suka olahraga, makin kecil kemungkinan Anda untuk rutin melakukannya.

2. Lebih banyak berdiri

Sejumlah penelitian menyebut semakin lama kita duduk maka semakin tinggi risiko mengalami obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Karena itu jangan biasakan duduk berlama-lama tanpa diselingi berdiri dan berjalan-jalan.

3. Berhenti merokok atau jangan mulai sejak awal

Merokok dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker paru-paru dan bahkan mungkin melukai otak. Penelitian yang diterbitkan pada 2012 menunjukkan wanita yang berhenti merokok sebelum berusia 40 tahun bisa hidup setidaknya 10 tahun lebih lama daripada mereka yang terus merokok saat melewati usia 40 tahun.

4. Cintai tubuh anda

Tubuh telah melakukan banyak hal untuk Anda, bahkan jika Anda tidak senang dengan setiap aspeknya. Belajarlah mencintai tubuh Anda sendiri mulai sekarang. Dengan mencintai tubuh, Anda akan merasa lebih sehat dan bahagia menjalani hari-hari.

5. Pelajari cara masak hidangan sehat

Penelitian terbaru menunjukkan jika Anda menikmati makanan Anda, maka jauh lebih mudah untuk rutin menyantap makanan sehat. Tak peduli apakah makanan sehat itu dirancang  menurunkan berat badan atau memberi manfaat secara keseluruhan terhadap kesehatan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement