Rabu 05 Jun 2019 02:15 WIB

Cara Mudah Bersih-Bersih Rumah Selama Libur Lebaran

Ada cara mudah untuk menjaga rumah tetap bersih selama libur Lebaran.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Mencuci piring
Foto: flickr
Mencuci piring

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat rumah selalu bersih setiap saat bukan perkara mudah. Tantangannya semakin besar ketika anggota keluarga tidak sedikit. Merapikan rumah seakan hal yang sia-sia karena kondisi akan kembali seperti semula dalam sekejap.

Tapi, jangan lekas berputus asa. Ada cara membuat seluruh ruangan terlihat rapi lebih lama dari biasanya. Anda yang terbiasa dibantu untuk urusan bersih-bersih juga bisa bertahan meski asisten rumah tangga masih belum kembali dari kampung halamannya. Kunci utamanya adalah segera membersihkan begitu kotoran muncul.

Sepintas cara tersebut memang terlihat sangat sulit. Orang cenderung berpikir mereka akan kerepotan karena harus membawa pembersih kemana-mana. Namun, bukan begitu caranya. Dikutip dari FoxNews, berikut ini cara merapikan rumah yang tepat agar tidak membuang waktu begitu banyak.

Membersihkan bagian permukaan

Sering kali orang meletakkan banyak barang di atas meja laci penyimpanan, termasuk barang yang dapat tumpah dengan mudah. Sebaiknya, biarkan permukaan meja tetap kosong agar terlihat bersih.

Ketika permukaan laci ini berantakan, segeralah merapikannya. Kalau kotor, cepat bersihkan.

"Saat Anda menjaga permukaan yang besar dan rata tetap bersih, bukan saja akan lebih menarik secara visual, namun juga lebih mudah untuk dibersihkan," kata penulis Organization Hacks sekaligus pemilik blog Making Lemonade Carrie Higgins.

Tempat cuci piring

Ketika piring kotor menumpuk di bagian tempat mencuci, ini sebuah tanda berbahaya. Bukan hanya merusak kebersihan keseluruhan ruangan, namun itu juga membuat kotoran akan semakin sulit dibersihkan.

Rutinitas mencuci piring dan wajan merupakan prioritas utama yang harus dilakukan. Sejatinya, pekerjaan ini tidak memakan waktu yang lama.

Namun, waspadalah kalau menunda-nundanya. Ketika piring kotor menumpuk, semua makanan dan minyak yang menempel akan tersimpan pula. Alhasil, butuh lebih banyak waktu untuk membersihkannya.

Menata barang

Semakin hari, rumah terasa semakin penuh, barang-barang baru berdatangan, dan barang lama tetap menempati ruangan. Kalau terus dibiarkan, barang akan terus menumpuk dan ini akan membuat ruangan berantakan, sesak, dan kotor.

"Mulai ikuti aturan, satu masuk-satu keluar. Ketika Anda membeli sesuatu yang baru, buang, jual, atau sumbangkan barang yang lebih lama agar ada ruang untuk barang baru," kata pakar dari On Task Organizing di Raleigh, North Carolina, AS, Nancy Haworth.

Ikuti jadwal pembersihan

Rumah yang bersih tidak secara ajaib membersihkan diri sendiri. Perlu ada protokol untuk menjaga semuanya tetap tertata dan teratur agar rumah tetap bersih dan rapi.

"Orang-orang dengan rumah yang rapi cenderung memiliki jadwal pembersihan yang rutin sehingga kotoran dan cucian tidak punya waktu untuk menumpuk. Misalnya, mereka menetapkan hari yang ditentukan untuk menyedot debu atau mencuci baju setiap hari Senin sehingga tugas-tugas besar itu tidak dilewati sampai menggunung," kata Higgins.

Penempatan alas kaki

Terkadang hal-hal kecillah yang membuat tempat tinggal lebih rapi dan bersih. Menyimpan alas kaki di tempat yang tepat, contohnya, bukan hanya sekedar menjadikan rumah terlihat lebih teratur, namun juga berperan dalam menjaga kebersihan.

"Dengan menanggalkan sepatu di luar pintu, Anda akan mencegah racun, tanah, daun dan kotoran lainnya meninggalkan jejak di lantai rumah Anda," ujar organisator profesional bersertifikasi dan penulis Feng Shui Mommy Bailey Gaddis.

Gaddis menjelaskan, bukan hanya sepatu yang perlu diperhatikan. Pakaian dan benda yang berasal dari luar pun perlu diorganisasikan dengan baik agar tidak menyebarkan kuman dan kotoran yang terbawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement