Sabtu 18 May 2019 09:30 WIB

Sejauh Apa Manfaat Air Minum dengan Irisan Lemon?

Air lemon disebut-sebut bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman air lemon
Foto: pexels
Minuman air lemon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang merendam irisan lemon di air putih atau mengonsumsi air lemon untuk minuman pagi harinya. Konon, air lemon ini memiliki banyak manfaat, bahkan kerap disebut bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah?

Seperti dilansir laman Women's Health, Jumat (17/5), ahli kesehatan mengakui bahwa menenggak segelas air lemon (panas atau dingin) di pagi hari bisa mempercepat metabolisme dan mendorong penurunan berat badan. Tetapi, sejatinya bukan lemonnya yang berperan.

Ahli gizi Alissa Rumsey yang juga juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetika AS mengungkapkan, air panas dengan lemon dan lemon itu sendiri tidak menyebabkan penurunan berat badan yang sebenarnya. Namun, jika minuman ini dijadikan sebagai pengganti minuman yang lebih tinggi kalori, seperti kopi dengan gula atau jus buah, tentu itu akan membuat asupan kalori berkurang hingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Sementara itu, ahli gizi Brigitte Zeitlin yang juga pemilik BZ Nutrition menyatakan pentingnya minum lebih banyak air pada umumnya dan tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

"Tubuh kita mengartikan haus sebagai lapar, jadi jika Anda tidak minum cukup air, Anda mungkin berpikir sedang lapar kemudian meraih camilan ekstra, padahal sebenarnya Anda hanya haus," kata Zeitlin.

Tetap terhidrasi sepanjang hari membantu mengurangi ngemil yang tidak perlu sehingga membantu Anda mengurangi beberapa kilo. Trik lemon sebenarnya dapat membantu orang-orang yang tidak suka rasa air minum hingga bisa minum lebih banyak. Anda juga dapat menambahkan jeruk atau jeruk nipis ke air Anda juga.

Satu hal yang perlu diinga, adalah bahwa lemon (dan buah jeruk pada umumnya) bersifat asam. Jadi, jika Anda menghindari makanan asam karena sakit maag atau gastroesophageal reflux disease (GERD) atau karena alasan lain, sebaiknya minum air tanpa lemon.

Ada juga yang mengataka lemon akan mengikis enamel gigi? Menurut Zeitlin, Anda tidak perlu khawatir tentang itu jika yang ditambahkan hanya irisan lemon pada air minum. Tapi jika Anda terlalu khawatir dengan putih gigi Anda, bilas saja mulut setelah minum air lemon dan tunggu sebentar sebelum menyikat.

Menambahkan lemon ke dalam air hanya akan membuat air Anda terasa seperti lemon dan mungkin membuat Anda minum sedikit lebih banyak. Tapi, itu tidak akan secara langsung menyebabkan penurunan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement