Jumat 17 May 2019 11:14 WIB

Arus Kas Jadi Fondasi Perencanaan Keuangan

Fondasi pertama dari perencanaan keuangan adalah memastikan arus kas mengalir aman.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Perencanaan keuangan
Foto: pexels
Perencanaan keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam merencanakan keuangan terdapat tahapan yang perlu dilakukan. Fondasi pertama dalam tahapan ini memastikan arus kas berjalan dengan aman.

Perencana keuangan Melvin Mumpuni menjelaskan, dalam perencanaan keuangan terdapat piramida yang perlu dipahami. Pada bagian paling bawah terdapat keamanan keuangan, kemudian kenyamanan keuangan, dan paling atas distribusi kekayaan.

Baca Juga

Pada bagian terbawah, terdapat arus kas yang perlu dijaga agar keamanan keuangan terjamin. Bagian ini, menurut Pendiri Fianansialku, fondasi dasar dari perencanaan keuangan yang harus diperhatikan.

Untuk menjaga arus kas dengan baik, tentu saja perlu ada pemasukan yang seimbang. Idealnya, pemasukan harus lebih besar ketimbang pengeluaran, bukan sebaliknya.

"Tujuan keuangan akan lebih memungkinkan untuk tercapai apabila kesehatan arus kas terjaga dengan baik," ujar Melvin dalam acara "Perkenalan Teman Treasury", beberapa waktu lalu.

Melvin menjelaskan, banyak orang memilih menjaga arus kas dengan dua cara, menambah pemasukan atau mengurangi pengeluaran. Hanya saja, untuk mengurangi pengeluaran ini memang terasa lebih sulit, sebab itu, Melvin mencoba menyarankan untuk memilih mencari tambahan pemasukan.

Tapi, untuk membuat pendapatan tambahan maka perlu diperhatikan pada pembagian waktu, tenaga, dan uang. Salah satunya dengan berjualan secara daring atau melakukan investasi dan menabung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement