Rabu 16 May 2018 03:47 WIB

Apa Keuntungan Bekerja di Coworking Space?

Pertumbuhan Coworking Space di Indonesia berkembang pesat.

Rep: cermati/ Red:
Meningkatkan Kretivitas Hingga Karir, Ini Dia Keuntungan Bekerja di Coworking Space
Meningkatkan Kretivitas Hingga Karir, Ini Dia Keuntungan Bekerja di Coworking Space

Pertumbuhan Coworking Space saat ini di Indonesia sudah bisa dikatakan sangat pesat terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Bahkan saat ini kebutuhan Coworking space tidak hanya berada di level sebagai ‘pengganti kantor sementara’ atau ‘tempat alternatif untuk meeting dan brainstorming’ lagi.

Sekarang kebutuhan Coworking space sudah ada di level dimana bekerja di coworking space diharapkan bisa memberikan efek yang baik untuk kebutuhan meningkatkan kualitas produktivitas bekerja baik untuk individu, komunitas, hingga perusahaan besar.

Nah, jika kamu sebelumnya belum pernah berfikir bahkan tertarik bekerja dengan suasanan coworking space. Keuntungan-keuntungan dibawah ini pasti akan bikin penasaran untuk sekali-sekali bekerja di coworking space:

 

1. Desain Coworking Space yang Nyaman dan Meningkatkan Kreativitas

Desain yang nyaman

Coworking space banyak mengusung desain dan interior yang lebih kearah nyaman untuk menjauhkan para penggunanya dari kesan bekerja di sebuah ruangan kantor yang membosankan dan membuat penat. Konsep suasana yang biasa banyak diaplikasikan oleh coworking space adalah suasana seperti bekerja di cafe atau bahkan dirumah.

Pilihan desain yang kreatif bahkan penuh warna dan penyediaan fasilitas lain seperti mesin kopi, bean bags empuk untuk duduk, dan berbagai permainan pada coworking space bisa membuat seakan bekerja merupakan kegiatan yang menyenangkan karena didukung oleh suasana yang demikian.

Baca Juga: 20 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

2. Bekerja dengan Orang-Orang dari Berbagai Bidang Pekerjaan yang Bisa Menambah Wawasan

Bekerja dengan orang-orang dari berbagai bidang

Di coworking space kamu tidak hanya akan lebih termotivasi untuk lebih produktif dalam bekerja tapi juga kamu bisa menjalin hubungan pertemanan baru dengan berbagai orang yang memiliki pekerjaan yang sama atau yang berbeda bidang dengan kamu.

Dengan begitu kamu bisa menambah banyak wawasan baru bahkan kamu bisa menemukan inspirasi baru dari setiap cerita yang kamu dapatkan dari pengalaman mereka. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjalin relasi bisnis hingga memiliki rekan seprofesi sebagai tempat untuk berbagai ide dan inspirasi.

3. Bisa Terlibat dalam sebuah Kegiatan Komunitas yang Positif

Bisa Terlibat dalam sebuah Kegiatan Komunitas yang Positif karena Coworking Space

Jika kamu menjadi anggota tetap dalam sebuah asosiai coworking space, atau pay member untuk coworking space tertentu kamu mendapatkan keuntungan tambahan menarik lain yaitu gratis mengikuti seminar atau meet up dari berbagai komunitas yang bekerja di berbagai bidang.

Seperti yang diketahui dari sebuah seminar atau meet up, akan ada beberapa orang berpengaruh atau ahli dan sangat berpengalaman yang akan menjadi pembicara dalam menjelaskan, mengajarkan dan berbagi pengalaman. Jika di luar kamu bisa membayar mahal untuk bisa mengikuti sebuah seminar atau meet up ekslusif menjadi anggota coworking space bisa menawarkan kamu secara gratis.

4. Berkesempatan Membangun Bisnis Baru

Membangun bisnis baru

Bekerja di coworking space kamu akan bertemu dan bekerja di satu ruangan dengan banyak orang. Dari mulai freelancer, karyawan dari sebuah perusaan startup bahkan pengusaha yang sedang membangun bisnis baru.

Untuk itu, jika tujuan kamu adalah mencoba mencari rekan bisnis baru bisa memulai dengan mencoba di coworking space. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan rekan bisnis baru yang benar-benar sepemikiran dengan kamu dalam membangun bisnis bersama.

Baca Juga: 6 Pilihan Karir/Pekerjaan Terbaik untuk Kamu Pecinta Olahraga

5. Mengurangi Biaya Pengeluaran untuk Pengembangan Bisnis

Pengembangan Bisnis

Jika kamu adalah seorang pengusahan atau founder dari sebuah perusahaan startup baru yang masih memiliki karyawan dibawah 20 orang. Daripada mahal-mahal menyewa ruangan atau gedung baru untuk tempat bekerja, lebih baik memanfaatkan keberadaan coworking space saja.

Bayangkan pengeluaran yang harus dihabiskan jika menyewa ruangan kantor atau gedung sendiri. Tidak hanya biaya sewa yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, biaya pengurusan gedung, pajak dan lain sebagainya juga bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Dengan memanfaatkan coworking space, kamu hanya perlu mendaftarkan paket pay member kepada setiap karyawan dan cukup membayar biaya member perbulan saja yang tentu akan jauh lebih murah daripada biaya sewa dan biaya perawatan gedung kantor baru.

Apalagi coworking space bisa memberikan banyak keuntungan lain seperti fasilitas internet, seminar, pelatihan, meetup, kegiatan komunitas menarik lain yang bisa diikuti secara gratis. Ada juga coworking space yang menyediakan Bar, kantin bahkan mesin minuman dan kopi gratis untuk para pay membernya.

Tips Bekerja di Coworking Space Bisa Lebih Hemat Lagi

Memang daripada bekerja di cafe atau restoran akan lebih hemat lagi jika sekalian saja kamu menyewa coworking space. Tapi tetap saja biaya menyewa coworking space tidak lah semurah yang dari yang mungkin kamu bayangkan.

Biaya sewa perhari dari coworking space bisa mencapai Rp100 ribu sampa Rp150rb perharinya. Tentu saja jika pendapatkan bulanan kamu saja masih pas-pasan sering-sering bekerja di coworking space bisa menguras biaya sehari-hari. Belum lagi uang makan, uang jajan kopi dan tranportasi.

Ini dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengehemat biaya sewa coworking space:

  • Menjadi pay member coworking space favorit untuk 1 bulan

Biasanya coworking space mematok biaya sewa minimal Rp100rb perhari dan paket perbulan dengan harga antara Rp2juta sampai Rp3juta belum lagi fasilitas lain yang bisa didapatkan hanya untuk para pay member seperti event dadakan yang bisa diikuti secara gratis.

Tentu akan lebih hemat kan, hitung saja. Jika hari kerja adalah 22 hari dalam sebulan itu artinya kamu harus menghabiskan setidaknya sekitar Rp2.2 juta dong untuk biaya sewa perharinya. Lebih baik sekaligus saja mengambil paket perbulan yang ada jika memang kebutuhan kamu bekerja di coworking space adalah setiap hari agar lebih hemat.

  • Memanfaatkan Promosi Kartu Kredit

Siapa bilang coworking space tidak ada promonya? Banyaknya bisnis coworking space yang berkembang saat ini membuat para pemilik coworking space harus rajin-rajin membuat promo menarik untuk mendapatkan pelanggan baru dan membuat pelanggan lama semakin betah.

Biasanya promo kartu kredit untuk coworking space berkaitan dengan harga membership dari perhari hingga paket perbulannya. Seperti ada potongan harga spesial untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit tertentu atau gratis bayar sewa dihari kedua jika membayar dengan kartu kredit.

Jadikan Bekerja sebagai Kegiatan yang Menyenangkan

Jika kamu tiba-tiba merasakan penat dan jenuh dalam bekerja tidak ada salahnya mencoba berbagai metode kreatif untuk membangkitkan mood. Seperti salah satunya bekerja diluar kantor atau di sebuah coworking space. Bekerja dengan mood yang baik bisa membuat proses menjadi lebih baik, kreatifitas meningkat dan tentunya hasil yang maksimal.

Baca Juga: Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus Tes Seleksi Kerja

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement