Senin 06 May 2019 14:23 WIB

Tiga Aktivitas Santai Ini Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini

Berjalan, berkebun, dan menari bisa kurangi risiko kematian dini

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih
Berkebun (ilustrasi)
Foto: ©Yourhomewizard
Berkebun (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan telah menemukan aktivitas sederhana yang dipercaya bisa mengurangi risiko kematian secara signifikan. Kegiatan-kegiatan yang ringan ini bisa menjadi kabar baik bagi siapa saja yang selalu malas bergerak atau enggan berolahraga. Tiga latihan ini adalah berjalan, berkebun, dan menari.

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine pada 2018 menunjukkan tiga aktivitas santai tersebut dapat mengurangi risiko kematian hingga 18 persen. Kita hanya harus melakukannya rutin setiap pekan minimal selama 10 menit.

Baca Juga

Para penulis penelitian sampai pada kesimpulan itu setelah membandingkan kondisi kesehatan lebih dari 88 ribu orang. Mereka dibandingkan dengan fokus pada rutinitas harian seperti kebiasaan olahraga, indeks massa tubuh, dan perilaku pribadi lainnya.

Seperti dilansir Inverse, peneliti menemukan orang-orang yang melakukan olahraga santai di setiap pekan berdampak pada penurunan kemungkinan kematian mereka secara signifikan. Bagi mereka yang berolahraga lebih lama, misalnya 150 menit aktivitas santai dalam sepekan, terbukti mengurangi kemungkinan kematian hingga 31 persen.

Sekali lagi, ini adalah latihan santai dan bukan tentang menghabiskan 30 menit sehari di gym. Rutinitas tersebut hanya menghabiskan waktu 30 menit berkebun, menari, atau berjalan dalam sepekan. Jadi, tidak ada salahnya jika rutinitas sederhana ini juga diterapkan saat menjalani ibadah puasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement