Senin 06 May 2019 12:17 WIB

Sains Ungkap Delapan Manfaat Puasa, Apa Saja? (1)

Sudah sejak lama pula berpuasa dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih
Anak berpuasa (ilustrasi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Anak berpuasa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktik puasa telah muncul berabad-abad lalu dan memainkan peran penting dalam beragam budaya maupun agama. Meski penerapannya berbeda-beda, berpuasa didefinisikan sebagai praktik untuk tidak makan dan tidak minum dalam jangka waktu tertentu.

Sudah sejak lama pula berpuasa dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dari segi ilmu pengetahuan, beberapa penelitian juga berhasil membuktikan secara ilmiah manfaat dari berpuasa untuk kesehatan.

Baca Juga

Sains mengungkap setidaknya ada delapan manfaat yang dimiliki berpuasa untuk kesehatan. Berikut ini manfaat-manfaat tersebut seperti dilansir Healthline.

1. Membantu kontrol gula darah

Beberapa penelitian menemukan berpuasa dapat memperbaiki kontrol gula darah. Ini tentu bermanfaat bagi orang-orang yang berisiko terhadap diabetes.

Sebuah studi terhadap 10 pasien diabetes tipe 2 misalnya, menemukan puasa intermiten yang dilakukan dalam jangka pendek secara signifikan dapat menurunkan kadar gula darah. Studi lain menemukan pola puasa intermiten maupun pola puasa berselang satu hari puasa satu hari tidak memiliki efektivitas yang sama dengan pembatasan kalori untuk menurunkan resistensi insulin.

Di sisi lain, sebuah penelitian berskala kecil menunjukkan pola puasa 'satu hari puasa satu hari tidak' memberikan efek berbeda pada laki-laki dan perempuan. Berdasarkan penelitian tersebut, pola puasa seperti ini dapat mengganggu kontrol kadar gula darah pada perempuan tetapi tidak mengganggu kontrol kadar gula darah pada laki-laki.

2. Kesehatan lebih baik

Inflamasi akut atau inflamasi jangka pendek merupakan proses imun yang normal untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Akan tetapi inflamasi kronik atau inflamasi yang terjadi dalam jangka panjang dapat memberi dampak yang buruk bagi kesehatan. Studi menunjukkan inflamasi jangka panjang berperan dalam terjadinya penyakit seperti penyakit jantung dan rheumatoid arthritis serta kanker.

Beberapa studi lain menunjukkan puasa dapat menurunkan tingkat inflamasi dan meningkatkan kesehatan. Sebuah studi menunjukkan puasa intermiten yang dilakukan selama satu bulan dapat menurunkan tingkat marker inflamasi. Pada studi lain, puasa 12 jam per hari selama satu bulan juga menunjukkan efek yang sama.

3. Memperbaiki kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan puasa dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara memperbaiki tekanan darah, kadar trigliserida, dan kadar kolesterol. Sebuah studi menunjukkan pola satu hari puasa satu hari tidak selama delapan pekan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL hingga 25 persen dan kadar trigliserida hingga 32 persen.

Studi lain terhadap 110 orang obesitas menunjukkan puasa selama tiga pekan di bawah pengawasan medis dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Tak hanya itu, kadar trigliserida, kadar kolesterol total, dan kadar kolesterol jahat LDL juga ikut menurun secara signifikan.

Studi terhadap 4.629 orang menunjukkan berpuasa berkaitan dengan risiko penyakit arteri koroner. Studi ini juga menunjukkan puasa dapat menurunkan risiko diabetes secara signifikan. Seperti diketahui, diabetes merupakan faktor risiko utama terhadap penyakit jantung.

4. Meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif

Penelitian terhadap hewan menunjukkan puasa dapat memberi efek yang baik bagi otak. Sebuah studi terhadap tikus menunjukkan puasa intermiten selama 11 bulan dapat memperbaiki fungsi otak dan struktur otak tikus.

Studi lain terhadap hewan menunjukkan berpuasa dapat melindungi kesehatan otak karena dapat meringankan inflamasi. Puasa juga dinilai dapat mencegah gangguan neurodegeneratif. Lebih khusus, studi terhadap hewan menunjukkan puasa dapat melindungi dan memperbaiki hasil pengobatan untuk kondisi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement