Ahad 05 May 2019 10:27 WIB

Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk untuk rambut dan kulit.

Rep: cermati/ Red:
Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Saat ini siapa yang tak tahu teh hijau atau yang sering disebut green tea? Dari makanan dan minuman hingga produk kecantikan banyak yang berlomba-lomba memamerkan kandungan teh hijau. Teh hijau memiliki banyak manfaat karena kandungan vitamin C, B, E, dan antioksidannya yang tinggi.

Saat ini produk kecantikan dari lini skincare, haircare, hingga make-up juga banyak yang mengandung teh hijau.  Mungkin salah satu skincare atau haircare mu mengandung ekstrak teh hijau. Yuk, ketahui beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit dan rambut.

 

1. Dapat Mengobati Jerawat

Jerawat

Saat ini banyak sekali produk kecantikan luar maupun lokal yang berlomba-lomba menunjukkan kandungan teh hijau dari facial wash, masker wajah, pelembab wajah, toner, maupun serum.

Teh hijau dipercaya dapat menyembuhkan wajah yang berjerawat karena kandungan polifenolnya. Polifenol terbukti dapat mengurangi kandungan minyak di wajah yang merupakan penyebab jerawat.

Penggunaan teh hijau untuk mengatasi masalah jerawat dapat digunakan dengan cara dicampur dengan air dan dibuat masker wajah atau juga bisa diminum tanpa gula, karena juga dapat dipercaya bisa mendetoks kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga: Bikin Kita Panjang Umur! Ikuti Pola Makan dan Makanan Berikut Ini

2. Masker untuk Mata Panda dan Kantung Mata

Mata Panda

Keseringan begadang karena pekerjaan ataupun tugas pastinya akan membentuk lingkaran mata panda dan kantung mata. Lingkaran mata yang menghitam dan mata yang berkantung membuat wajah tidak terlihat fresh. Menyiasati kedua masalah tersebut, bisa memakai teh hijau yang telah kamu seduh, khususnya yang berbentuk tea bag.

Caranya cukup mudah, tea bag yang sudah kamu seduh dinginkan di dalam kulkas selama beberapa jam dan kompres mata dengan tea bag yang telah dingin, serta jangan lupa berbaring saat mengompres. Keadaan teh yang dingin serta kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dipercaya dapat memperbaiki struktur kulit yang bengkak. Setelah dikompres, mata panda dan kantung mata akan terhempas dari wajahmu. Say goodbye untuk mata panda dan kantung mata.

3. Mengatasi Sunburn

sun burn

Terpapar sinar matahari dengan waktu yang cukup lama tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan kulit. Matahari dengan sinar ultravioletnya dapat menyebabkan kulit mengalami kemerahan atau yang sering disebut sunburn. Mengompres wajah dengan teh hijau dingin akan mengembalikan keadaan kulit menjadi lebih segar.

Anti-inflamasi di dalam teh hijau akan membuat kulit yang kemerahan dan perih menjadi lebih kalem. Selain itu, anti-inflamasi dan antioksidan dalam teh hijau juga dipercaya bisa mencegah kanker kulit karena pancaran sinar ultraviolet.

4. Anti Aging

Anti Aging

Keinginan untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan tidak keriput memang keinginan semua orang. Penuaan dini pada kulit tidak memandang umur. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali krim-krim anti aging di pasaran. Banyak pula krim wajah yang mengklaim kandungan teh hijaunya.

Bukan rahasia jika teh hijau dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dapat mencegah timbulnya keriput di wajah. Kandungan vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas karena sinar ultraviolet yang menyebabkan penuanaan dini berupa kulit kusam dan keriput.

5. Sunblock Alami

Sunblock

Berada di bawah sinar matahari tanpa sunblock akan menyebabkan kulit meradang, keriput, kusam, hingga kanker. Bahaya sinar ultraviolet matahari memang sangat mengerikan, itulah mengapa sangat diperlukan pengaplikasian sunblock pada kulit jika beraktivitas outdoor.

Dalam teh hijau, juga mengandung senyawa epigallocatechin gallate yang dapat berfungsi sebagai sunblock alami dan dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan pengaruh buruk sinar matahari.

6. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut Rontok

Selain kulit, rambut juga sangat memerlukan nutrisi agar selalu sehat. Teh hijau selain memiliki banyak manfaat untuk kulit, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut.

Dengan teh hijau, dipercaya dapat mengurangi rambut rontok. Kandungan vitamin yang ada pada teh hijau dapat membuat rambut lebih kuat. Saat ini banyak merk shampo, masker rambut, kondisioner, dan tonic rambut yang mengandung ekstrak teh hijau untuk mengurangi rambut rontok.

Baca Juga: Alasan Mengapa Pulang Tepat Waktu Saat Bekerja itu Penting

Imbangi Penggunaan Teh Hijau dengan Pola Hidup Sehat

Selain beberapa manfaat di atas, teh hijau juga dapat memberi kelembapan, kelembutan, dan elastisitas pada kulit jika memakai dalam jangka waktu yang teratur.

Manfaat akan teh hijau akan lebih berdampak jika merawat kulit dan rambut selain dari luar, juga dari dalam. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi air putih secukupnya, dan jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi yang akan menyebabkan kulit kering, kusam, dan rambut yang kering.

Selain air putih, pola hidup sehat juga sangat memegang peran penting dalam perawatan kulit dan tubuh. Makanan sehat, rajin berolahraga, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, tidur cukup tentunya akan mewujudkan keinginanmu untuk memiliki kulit wajah sehat dan rambut indah.

Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Mood di Pagi Hari

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement