Selasa 30 Apr 2019 10:36 WIB

Halima Aden Jadi Model Berjilbab Pertama Sports Illustrated

Edisi Halima Aden wujudkan tidak terbatasnya kecantikan perempuan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Halima Aden
Foto: Facebook Halima Aden
Halima Aden

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Halima Aden mencetak sejarah sebagai model berjilbab pertama yang mengenakan burkini atau baju renang Muslim di majalah Sports Illustrated. Majalah Sports Illustrated sudah lama dikenal dengan sampul yang menampilkan wanita dan model berbusana renang yang seksi.

Pada hari Senin, majalah mengumumkan di Twitter bahwa model Somalia-Amerika itu dipilih sebagai model. Foto Aden diambil oleh fotografer Yu Tsai.

Aden digambarkan berpose dalam burkini biru dan putih dengan jilbab yang serasi. Tampilannya dilengkapi dengan anting-anting kuning cerah. Foto diambil di Pantai Watamu, Kenya, negara tempat Aden lahir.

Perempuan berusia 21 tahun itu lahir di kamp pengungsi Kakuma, sebelum pindah ke Amerika Serikat pada usia tujuh tahun. Ketika berada di Kenya untuk pemotretan Sports Illustrated, Aden berkomentar. “Saya terus berpikir [kembali] kepada saya yang berusia enam tahun yang, di negara yang sama ini, berada di kamp pengungsi."

“Jadi untuk menghidupkan kembali mimpi seorang Amerika dan kembali ke Kenya dan pemotretan Sports Illustrated di bagian terindah Kenya. Saya tidak berpikir ini sebuah cerita yang semua orang bisa buat," ujarnya seperti dilansir dari laman Independent, Selasa (30/4).

Aden pertama kali menjadi nama yang dikenal di industri pemodelan pada tahun 2016. Ketika itu ia menjadi perempuan pertama yang bersaing dalam kontes Miss Minnesota USA dengan mengenakan jilbab.

Selama bagian kontes baju renang kontes, Aden mengenakan burkini. Tak lama setelah itu, Aden yang juga merupakan duta besar untuk Unicef, menandatangani kontrak dengan IMG Models. Sejak itu tampil di sampul Vogue dan berjalan di acara New York Fashion Week.

"Ini momen yang sangat besar. Sports Illustrated membuktikan bahwa seorang gadis yang mengenakan bikini bisa tepat di samping seorang gadis yang mengenakan burkini, dan sebagai perempuan, kita bisa saling berdampingan dan menjadi pemandu sorak terbesar masing-masing untuk merayakan keragaman perempuan."

Tampilnya Aden di majalah itu membuatnya ingin mengatakan kalau dia bisa mematahkan stereotipe dunia modeling. Aden ingin mengatakan kalau ia bisa berarti gadis-gadis lain pun bisa.

Menurut editor Sports Illustrated Swimsuit, MJ Day, edisi 2019 memiliki salah satu contoh kecantikan terbesar dan terluas yang pernah ditampilkan. "Kami percaya kecantikan tidak mengenal batas. Entah kamu merasa paling cantik dan percaya diri dengan burkini atau bikini, Anda bernilai."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement