Selasa 23 Apr 2019 08:44 WIB

Dicuci dengan Deterjen Biasa, Warna Sepatu Kanvas Bisa Pudar

Sepatu kanvas juga tak bisa dibersihkan dengan sikat yang keras.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sepatu berbahan kanvas.
Foto: Dok Keds
Sepatu berbahan kanvas.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Belakangan, makin banyak orang yang mengenakan sepatu berbahan kanvas untuk kenyamanan beraktivitas sehari-hari. Mereka pun bisa menyesuaikan model sepatu kanvas dengan kegiatannya, entah berupa sneakers, flats, atau high heels.

Lalu, bagaimana cara merawat sepatu berbahan kanvas agar tetap bagus? Marketing Communicatioan Keds Indonesia, Siti Ayu Rahmi, menjelaskan agar sepatu berbahan kanvas tidak dicuci dengan deterjen biasa karena dapat memudarkan warna sepatu.

Baca Juga

“Ada deterjen atau sabun khusus untuk membersihkan sepatu kanvas yang banyak dijual,” kata Ayu saat pengenalan gerai Keds Indonesia di Mal Gandaria City Jakarta, Senin (22/4).

Andaikan tak sanggup mencuci sendiri, Ayu menyarankan agar pemilik sepatu kanvas menggunakan jasa laundry atau dry cleaning untuk membuat koleksinya kembali bersih. Dry cleaning adalah terobosan baru dalam membersihkan sepatu yang bisa meminimalisir lunturnya warna sepatu.

Jika ingin mencucinya sendiri, Ayu menyarankan untuk menggunakan sikat gigi bekas yang berbulu lembut. Sikat bagian sepatu yang kotor. Hindari menggunakan sikat gigi yang kasar dan keras sebab kanvas bukan bahan yang kuat menahan gesekan.

“Sepatu berbahan kanvas juga jangan sering dibiarkan terbekap ya, setidaknya pas akhir pekan di jemur di bawah sinar matahari,” tambah Ayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement