Senin 22 Apr 2019 11:04 WIB

Perkara yang Membuat Renggang Mertua dan Menantu (2-Habis)

Hubungan mertua dengan menantu bisa rusak akibat campur tangan yang terlalu jauh.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Reiny Dwinanda
Menantu versus mertua/ilustrasi
Foto: worldtranslation.org
Menantu versus mertua/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu mertua kadang digambarkan sebagai sosok menyeramkan di mata menantu. Ada ibu mertua yang berusaha mengambil alih kehidupan menantu perempuannya, membesar-besarkan hal-hal kecil, sehingga membuat keluarga bergulat dengan situasi rumit.

Ibu mertua terkadang kesulitan menetapkan batas sejauh mana ia bisa terlibat dalam kehidupan anak dan menantu. Tips di bawah ini akan membantu mertua agar tidak mengatakan hal salah kepada menantu perempuan, dilansir dari Womanitely, Senin (22/4).

Baca Juga

6. Kamu perlu menurunkan berat badan

Penambahan berat badan setelah hamil dan melahirkan cenderung menjadi topik pembicaraan rumit antara ibu mertua dan menantu perempuannya. Ibu mertua sering bermanuver dengan pertanyaan dan pernyataan sehingga membuat menantunya merasa tidak cantik. Untuk melindungi hubungan, cara terbaik Anda tak mengatakan apa-apa tentang berat badan menantu. Sebaliknya dengan memuji.

7. Suamimu tidak akan suka itu

Menantu perempuan sangat mengerti ibu mertuanya lebih banyak mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai anaknya, seperti menu masakan. Meski demikian, hindari mendikte menantu dengan pernyataan yang menyudutkan, misalnya, mengatakan suaminya tak akan menyukai menu itu dan mengambil alih dapurnya. Tiap orang memiliki preferensi berbeda tentang suka dan tidak suka.

8. Begini cara tepat melakukannya

Terlepas dari menantu Anda kompeten atau kurang kompeten mengurus rumah tangga, tak perlulah memberi saran jika tak diminta. Jika ingin menyampaikan pandangan, gunakan cara-cara kreatif sehingga menantu tak merasa terganggu.

9. Ada rumah kosong di dekat rumah ibu

Menantu perempuan mungkin merasa tidak nyaman jika tinggal berdekatan dengan mertua. Oleh sebabnya, ibu mertua tak perlu menyarankan anak dan menantu membeli rumah yang dekat dengan rumah ayah-ibunya.

10. Anakku tak pandai melakukan itu

Terkadang ketika seorang ibu berkomentar tentang kelemahan putranya. Hal itu bisa menyinggung perasaan menantu perempuannya dengan berbagai cara. Ini akan mengimplikasikan sebagai istri dirinya tak tahu banyak tentang suami. Tinggalkan kritik semacam ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement