Rabu 17 Apr 2019 15:25 WIB

Air Lemon tak Bantu Bakar Lemak Tubuh, Ini Penjelasannya

Banyak influencer promosikan air lemon untuk turunkan berat badan

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih
Air minum dengan tambahan rasa lemon.
Foto: Pexels
Air minum dengan tambahan rasa lemon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit influencer dan selebgram diet mempromosikan air lemon untuk menurunkan berat badan. Mereka juag menyebut air lemon bisa meningkatkan metabolisme dan menghilangkan racun dalam tubuh. Tetapi apakah benar terbukti air lemon bisa menurunkan berat badan?

Dilansir Men's Health, Rabu (17/4), penulis Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer bernama Karen Ansel membantah hal tersebut. Menurut dia air lemon tidak bisa menurunkan berat badan. "Itu (air lemon) tidak akan membakar lemak, seliar apapun imajinasi Anda," kata Ansel.

Baca Juga

Akan tetapi mungkin saja air lemon bisa menurunkan berat badan asalkan air lemon itu dikonsumsi sebagai pengganti makanan senilai 400 kalori. Air lemon juga kemungkinan bisa mengurangi rasa lapar seperti ketika meminum air putih biasa. Tapi yang pasti, kata Ansel, air lemon tidak bisa membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh.

"Minum sekitar 16 ons air sebelum makan telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Satu studi yang diterbitkan jurnal Obesity menyatakan orang dewasa gemuk yang minum banyak air sebelum makan, kehilangan 2,8 pon lebih banyak dalam 12 pekan daripada orang yang tidak minum," kata Ansel.

Untuk itu bagi Anda yang suka meminum air lemon, disarankan untuk selalu mengiringinya dengan minum air putih. Ini karena lemon sangat asam dan tidak bagus untuk enamel atau email gigi (lapisan terluar yang melindungi mahkota gigi).

"Makanan dan minuman yang keras dapat melemahkan enamel gigi dan menyikat gigi selama hampir 30 menit dapat mengikis sebagiannya. Bilas segera setelah minum air lemon, lalu tunggu sebentar sebelum Anda menyikatnya," kata Ansel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement