Selasa 02 Apr 2019 15:37 WIB

12 Cara Alami Redakan Sakit Gigitan Serangga (2-Habis)

Ada sejumlah cara alami yang bisa membantu meredakan sakit akibat gigitan serangga.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Digigit nyamuk. Ilustrasi
Foto: www.mirror.co.uk
Digigit nyamuk. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dikutip dari laman Womenshealthmag, ada beberapa cara alami yang bisa menjadi alternatif selain mengoleskan obat buatan pabrik ketika digigit serangga. Cara ini dianggap efektif meredakan gigitan nyamuk biasa maupun serangga. Berikut bagian kedua dari dua tulisan:

7. Kemangi

Bumbu ini tidak hanya terbatas di dapur. Daun kemangi mengandung bahan kimia seperti kapur barus, yang menciptakan perasaan dingin, mirip dengan mentol dalam pasta gigi. Hancurkan beberapa daun dan oleskan langsung ke bagian terkena gigitan

8. Cuka sari apel

Ini adalah obat rumahan yang bagus untuk mencegah gatal karena kadar asamnya rendah. Dr Schultz menyarankan dengan mengoleskan cuka apel atau dapat ditambahkan dua hingga tiga cangkir ke air hangat terlebih dulu untuk Anda berendam dalam bak nantinya.

9. Minyak kelapa

 

Manfaat minyak kelapa meredakan sakit gigitan serangga bisa dibilang sangat ampuh. Minyak kelapa tidak hanya dapat menenangkan kulit merah yang gatal, tetapi juga dapat melindungi gigitan dari debu dan kotoran yang mungkin mengiritasi kulit.

Minyak kelapa, seperti lavender, juga antibakteri sehingga dapat membantu menyembuhkan gigitan.

10. Es atau kompres es

Satu es batu dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pelepasan histamin alami tubuh. Jadi mengompres bagian gatal terlebih dulu juga bisa menjadi salah satu pertolongan pertama.

11. Kantong teh

Kantong teh dingin mengeluarkan cairan dari gigitan untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak. Buatlah secangkir teh dan ketika selesai menggunakan kantong teh, biarkan dingin selama beberapa menit kemudian oleskan kantong itu ke bagian yang terkena gigitan serangga.

12. Kortison

 

Kortison adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh dan memiliki sifat anti-inflamasi alami. Dr. Cutler menjelaskan, kendati bisa didapatkan di toko obat, tapi kortison tetap disebut obat alami. "Kebanyakan orang menemukan bahwa menggunakan sejumlah kecil kortison merupakam cara efektif karena menekan respons alergi tubuh untuk membantu menghentikan rasa gatal dan bengkak," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement