Senin 01 Apr 2019 15:47 WIB

Sketsa Peter Rubens yang Hilang Dilelang Jutaan Dolar AS

Sketsa Peter Rubens dilelang dengan harga sekitar Rp 20,7 miliar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Peter Paul Rubens - The Fall of Phaeton
Foto: Wikipedia
Peter Paul Rubens - The Fall of Phaeton

REPUBLIKA.CO.ID, LILLE -- Sketsa hilang oleh master Flemish baroque Peter Paul Rubens dilelang dengan harga 1,46 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 20,7 miliar setelah ditemukan kembali. Pelelangan ini terjadi pada Ahad (30/3).

Menurut rumah lelang Mercier di Lille Prancis Utara, karya ini menggambarkan Saint Margaret mengenakan gaun merah dan putih memegang salib di tangannya. Ia menghancurkan naga dari 1620.

Baca Juga

“Ini adalah sketsa yang berfungsi sebagai model untuk salah satu panel yang sangat besar, yang ditujukan untuk langit-langit Gereja Jesuit di Antwerp,” kata juru lelang Patrick Deguines dilansir Malay Mail, Senin (1/4).

Pada 1620, ada 39 panel yang ditugaskan dari Rubens untuk gereja dan menjadi salah satu yang terbesar di Flanders. “Panel-panel besar ini dikerjakan dalam seluruh workshop dengan bantuan siswa-siswa Rubens, tetapi sketsa-sketsa itu seluruhnya dilukis oleh master yang menolak untuk menjualnya,” ujar Deguines.

Sekarang ini ada 33 sketsa diketahui dan dipegang oleh museum. Enam sketsa telah menghilang termasuk Saint Margaret yang temukan kembali baru-baru ini sebagai hasil dari warisan.

Awal tahun ini, sketsa lain oleh Rubens yang digambarkan sebagai Nude Study of a Young Man with Raised Arms terjual dengan rekor 8,2 juta dolar AS atau Rp 116,5 miliar di New York. Rekor sebelumnya ditetapkan selama penjualan Christie 2014 di London yakni karya Samson and Delilah seharga 3,2 juta poundsterling atau Rp 59,3 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement