Kamis 28 Mar 2019 17:21 WIB

Pemicu Rasa Haus tak Kunjung Hilang Setelah Minum

Rasa haus bisa tetap ada meski sudah minum akibat sejumlah kondisi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih
Foto: Sciencealert
Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa masih haus meski sudah minum? Ada sejumlah hal yang bisa memicu rasa haus berlebihan. Berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (28/3).

Makanan bergaram

Terlalu banyak mengonsumsi garam akan membuat orang gampang haus. Mengapa begitu? Garam sebenarnya menarik air keluar dari sel. Pada gilirannya, sel mengirim pesan ke otak untuk meminta lebih banyak air sehingga kerongkongan mulai merasa haus. 

 

Jadi, hindari mengonsumsi lebih dari lima gram garam setiap hari. Ingatlah, asupan garam yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan tambahan juga.

 

Lari pagi

Lari pagi memang menyehatkan, tetapi jangan lupa minum. Rasa haus akan muncul karena tubuh kehilangan cairan dalam bentuk keringat ketika berolahraga. Untuk mengembalikannya, tentu butuh asupan cairan.

 

Sengatan panas

Tubuh juga akan kehilangan cairan ketika hawa sangat panas. Demikian pula saat kita menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari. Meski tidak banyak kegiatan yang dilakukan, namun paparan sinar mentari akan membuat dehidrasi.

 

Diabetes?

Anggapan diabetes muncul karena dehidrasi harus diluruskan. Rasa haus yang berlebihan, buang air kecil yang berlebihan, dan pandangan kabur memang merupakan gejala diabetes. Akan tetapi, diabetes tidak terjadi karena tubuh kekurangan air.

 

Mulut kering

Mulut kering pun dapat membuat haus. Mulut kering adalah hasil dari beberapa kondisi medis yang langka. Kelenjar air liur tidak menghasilkan air liur yang cukup.

 

Di samping itu, ada sejumlah obat yang memengaruhi mulut dan dapat membuatnya kering. Antikolinergik dan diuretik adalah yang memiliki efek samping potensial maka sebaiknya bicarakan dengan dokter untuk mencari solusinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement