Rabu 27 Mar 2019 19:40 WIB

Studi: Stamina Wanita Lebih Tinggi Dibanding Pria

Tingkat stamina wanita dengan pria memiliki selisih yang cukup signifikan

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih
Pasangan berolahraga/ilustrasi
Foto: gopixpic
Pasangan berolahraga/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Studi terbaru menyatakan ternyata wanita memiliki stamina yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Bahkan, tingkat stamina wanita dengan pria pun terbukti memiliki selisih yang cukup signifikan.

Dilansir Marie Claire pada Rabu (27/3), studi itu dilakukan oleh University of Columbia. Studi dilakukan dengan melibatkan partisipan yang terdiri dari sembilan wanita dan delapan pria. Partisipan pun kemudian melakukan pengujian dengan melipat salah satu kaki sebanyak dua ratus kali dalam waktu secepat mungkin.

Baca Juga

Salah satu ahli dalam studi itu, Profesor Brian Dalton, mengatakan wanita memang lebih tidak cepat lelah saat tes isometric muscle atau uji tumpuan beban tanpa pergerakan sendi. “Kami pun melakukan pengujian dengan cara yang lebih dinamis yang mendekati gerakan pada kegiatan sehari-hari,” kata Dalton.

Pengujian mendapati hasil wanita dapat menuntaskan gerakan lebih cepat. Bahkan, selisih waktunya dibandingkan dengan pria pun cukup jauh.

Dalton mengatakan pengujian hanya melibatkan kaki namun teori stamina yang diukur mencakup seluruh tubuh. “Pada studi sebelumnya, didapati pria dapat menyelesaikan ultra-trail running dengan lebih cepat. Akan tetapi, wanita terbukti dapat menyelesaikanya dengan tidak terlalu kelelahan,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement