Selasa 26 Mar 2019 04:30 WIB

Danau Besar Muncul di Tempat Paling Kering di Amerika Utara

Air memang tidak mudah diserap di daerah yang kering.

Rep: Muhyiddin/ Red: Dwi Murdaningsih
Death Valley National Park, AS
Foto: myfirstclasslife.com
Death Valley National Park, AS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Death Valley merupakan tempat terpanas dan terkering di Amerika Utara. Daerah ini membentang sejauh mata memandang. Death Valley terletak di Kalifornia Timur. Selama musim panas, daerah ini bisa menjadi salah satu tempat terpanas di seluruh dunia.

Namun, tiba-tiba muncul sebuah danau besar muncul di tempat ini, sehingga membuat heran seorang fotografer bernama Elliott McGucken. Dia pun mengabadikan peristiwa aneh tersebut dan mengunggah ke akun instagramnya pada 11 Maret 2019 lalu.

Baca Juga

Menurut dia, danau tersebut muncul setelah adanya badai besar disertai hujan yang membawa suhu dingin melalui Kalifornia Selatan. "Rasanya tidak masuk akal melihat begitu banyak air di tempat paling kering di dunia," ujar McGucken dikutip dari laman Sciensealert, Selasa (26/3).

Awalnya, McGucken ingin pergi ke Badwater Basin untuk melihat daerah yang sedang dilanda banjir tersebut. Namun, di tengah perjalanan dia justru menemukan sebuah danau yang membentang sekitar 16 kilometer atau 10 mil.

"Ada ironi, walaupun aku tidak bisa turun ke Badwater Basin, kupikir foto ini mungkin lebih unik," ucap McGucken

Ahli cuaca Weather.com, Chris Dolce menjelaskan, air memang tidak mudah diserap di daerah yang kering. Bahkan, curah hujan moderat dapat menyebabkan banjir di Death Valley.

"Banjir bandang dapat terjadi bahkan di tempat yang tidak pernah hujan sekalipun. Biasanya daerah yang kering dapat menjadi banjir karena curah hujan di hulu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement