Jumat 15 Mar 2019 15:30 WIB

D'Masiv Hadapi Kesulitan untuk Garap Lagu Religi

D'Masiv akan meluncurkan lagu religi menjelang Ramadhan tahun ini.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Grup musik DMASIV
Foto: dok. Musica Studio
Grup musik DMASIV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik d'Masiv telah mempersiapkan lagu untuk menyambut bulan Ramadhan yang tingga beberapa bulan lagi. Di balik kesuksesannya dengan lagu religi, d'Masiv ternyata menemui kesulitan besar dalam penggarapannya.

"Lagu religi ini unik karena kalau disuruh bikin ini nyatanya nggak mudah, nggak segampang dengerinnya," ujar vokalis d'Masiv Rian Ekky Pradipta ketika mengunjungi kantor Republika.co.id, Jumat (15/3).

Baca Juga

Rian menceritakan, setiap menggarap lagu religi, antara lain "Taman Surga-Mu", selalu ada proses spesial di dalamnya. Tak terkecuali untuk lagu yang akan dirilis pada Ramadhan tahun ini.

Rian mengungkapkan, ia mesti melakukan perjalanan yang melelahkan terlebih dahulu sebelum bisa menggarap lagu yang judulnya masih dirahasiakan itu. Dia berkeliling suatu kawasan yang dulu sering didatanginya, kemudian mengamati kegiatan orang sekitar hingga akhirnya menemukan inspirasi.

"Ini perlu dibikin keringatan dulu, melihat orang beli minuman, dan kegiatan di sekelilingnya," ujar Rian.

Menurut Rian, proses pembuatan lagu religi sebelumnya pun sama peliknya. Rian mengaku, ketika membuatnya ia harus pernah merasakan dalam kondisi yang digambarkan. Kalau tidak, maka pesan yang diberikan tidak tersampaikan dengan baik.

Meski lagu religi terkesan identik dengan bulan Ramadhan, Rian menjelaskan, d'Masiv mencoba mengemas setiap lagu dengan tema yang lebih universal. Dengan begitu, lagu tersebut dapat dinikmati oleh pendengar dari kalangan manapun dan kapanpun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement