Sabtu 09 Mar 2019 05:46 WIB

Fitur Microsoft Word ini Bisa Memudahkan Pekerjaan Anda

Di Microsoft Word terdapat beragam fitur yang berfungsi untuk tampilan lebih beragam.

Microsoft's Word Flow keyboard for iPhone
Foto: Dailymail
Microsoft's Word Flow keyboard for iPhone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft Word (Ms.Word) merupakan software pengolah kata yang sering digunakan untuk membuat dokumen, tulisan, dan karya ilmiah. Jika dibandingkan dengan software di Microsoft Office lain, Ms. Word termasuk yang paling populer bagi semua kalangan, mulai dari pelajar hingga profesional.

Di dalam Microsoft Word, terdapat beragam fitur yang berfungsi untuk membuat tampilan dokumen menjadi beragam dan lebih kompleks. Jadi, tampilan dokumen yang dihasilkan sangat bervariatif dan bisa menyesuaikan kebutuhan pengguna. Fitur-fitur seperti page setup atau insert mungkin sudah biasa.

Bagaimana dengan 8 fitur di bawah ini? Mungkin Anda jarang mendengar bahkan menggunakannya. Padahal fitur-fitur berikut ini bisa memudahkan pekerjaan Anda juga, lho! Simak beberapa fitur Microsoft Word yang bisa makin memudahkan pekerjaan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. ‘Quick Style’ untuk Menyimpan ‘Style’ Tulisan Favorit

Saat ini Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk merubah styles tulisan pada setiap halaman dokumen. Anda bisa menggunakan fitur Quick Styles untuk menyimpan styles favorit di Ms. Word.

Jika styles tersebut ingin kembali digunakan pada dokumen yang baru, Anda cukup mengklik menu styles yang ada pada tab home. Fitur Quick Styles akan membantu Anda untuk mengubah tulisan secara menyeluruh sesuai keinginan. Mulai dari gaya tulisan, ukuran tulisan, atau bahkan warna tulisan.

2. ‘Equation Toolbar’ untuk Menuliskan Rumus

Untuk menyelesaikan pekerjaan hitungan, misalnya, Anda lebih suka menggunakan

Microsoft Excel. Padahal fitur Equation Toolbar yang terdapat di Microsoft Word bisa

membantu Anda untuk menyelesaikan soal hitung-hitungan.

Fitur equation bisa ditemukan pada tab insert di bagian menu symbols. Ada banyak rumus atau persamaan yang bisa Anda temukan di sana, baik persamaan matematika, kimia, maupun fisika.

3. ‘Replace’ untuk Mengganti Kata yang Salah

Kesalahan dalam pengetikan kata itu wajar, tapi bagaimana kalau Anda ingin mengganti satu kata pada semua paragraf dalam satu dokumen? Pasti butuh banyak waktu kalau Anda mencari dan mengganti kata secara satu per satu.

Tapi, fitur Replace akan memudahkan Anda untuk memperbaiki kata-kata yang dianggap salah. Untuk mengaktifkan fitur replace, klik menu Replace yang ada pada tab home.

Ketikkan kata yang salah di kolom “find”, lalu ketik kata yang benar di kolom “replace”. Klik Ok untuk memperbarui kata-kata secara otomatis.

4. ‘View Side By Side’ dan ‘Synchronous Scrolling’

Jika ingin membuka dua dokumen dalam waktu yang bersamaan, Anda bisa menggunakan fitur View Side by Side. Fitur ini bisa digunakan sekaligus untuk membandingkan dua dokumen dengan isi yang berbeda-beda.

Agar semakin mudah lagi, Anda bisa menggunakan fitur Synchronous Scrolling jika ingin scroll dokumen ke atas maupun ke bawah. Menariknya lagi, fitur ini bisa digunakan untuk scroll dua dokumen sekaligus secara bersamaan.

5. ‘Translate Tool’ untuk Menerjemahkan Kalimat

Ingin menerjemahkan kata atau kalimat pada dokumen secara keseluruhan? Gunakan fitur translate yang ada pada tab review. Anda tidak perlu memperbaharui Ms. Word ke versi 2013 atau 2016, karena fitur ini sudah tersedia pada Ms. Word 2010.

Jika Anda ingin menerjemahkan seluruh dokumen, silakan blok dokumennya terlebih

dahulu. Pilih menu translate, lalu pilih bahasa terjemahan yang diinginkan.

Fitur translate menyediakan beragam bahasa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Anda.

6. ‘AutoText’ untuk Mengetikkan Kata secara Berulang

Bila mengetik kata yang berulang, Anda bisa menekan tombol copy paste yang ada pada keyboards. Tapi, perintah copy paste pada kalimat sebelumnya bisa hilang ketika Anda ingin menyalin kalimat yang baru.

Namun, fitur AutoText akan memudahkan pekerjaan salin-menyalin kalimat yangdiinginkan. Sebelum menggunakan fitur ini, Anda harus blok kata atau kalimat favorit Anda.

Klik menu quick parts pada tab insert, lalu pilih Autotext dan save selection to autotext

gallery.

Lakukan hal yang sama jika Anda ingin menyimpan kata atau kalimat yang baru. Untuk

melihat atau menggunakan kata dan kalimat, silakan klik Autotext pada menu Quick Parts.

7. ‘Pin’ untuk Menandai Dokumen-Dokumen Penting

Menemukan dokumen sebelumnya bukan pekerjaan mudah, terutama jika ditimpa oleh

dokumen-dokumen yang baru saja dibuat. Untuk mengubah atau menyalin tulisan dari

dokumen yang lama, gunakan fitur pin yang terdapat pada tab file.

Cara menggunakan fitur pin sangat mudah. Setelah mengetik dan menyimpan dokumen, silakan buka tab file lalu berikan pin atau tanda di samping kanan judul dokumen tersebut. Dokumen yang diberi tanda akan ditempatkan di posisi paling atas pada tab file.

8. ‘Inspect Document’ untuk Menjaga Dokumen

Tulisan berbentuk dokumen perlu dijaga keamanannya, apalagi jika Anda bermaksud untuk mengirim dokumen tersebut melalui email atau sosial media. Guna mengamankan bagian tertentu, aktifkan fitur Inspect Document.

Tidak hanya mengamankan, fitur inspect document juga membantu Anda untuk mengedit atau menghapus kata atau kalimat yang mengandung unsur-unsur SARA sebelum mengirimkan dokumen.

Fitur yang Jarang Diketahui, Tapi Sangat Bermanfaat

Microsoft Word menawarkan beragam fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan

pekerjaan Anda. Di antara sekian banyak fitur, beberapa fitur di atas masih sangat jarang digunakan. Padahal jika semua fitur dimanfaatkan secara maksimal, pekerjaan Anda semakin cepat terselesaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement