Ahad 17 Feb 2019 05:00 WIB

Anda Pencinta Keju? Jangan Lewatkan 5 Destinasi Wisata Ini

Masing-masing jenis keju menawarkan cita rasa serta keunikan berbeda-beda.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Cheese Maiden mengangkut beragam keju jenis Gouda. Dalam penelitian ditemukan kalau keju adalah salah satu makanan yang paling adiktif.
Foto: EPA
Seorang Cheese Maiden mengangkut beragam keju jenis Gouda. Dalam penelitian ditemukan kalau keju adalah salah satu makanan yang paling adiktif.

REPUBLIKA.CO.ID, NORMANDIA -- Kelezatan keju membuat banyak orang menggemarinya. Selain dimakan langsung, keju juga lezat disajikan bersama roti, buah, sayur, pasta, cokelat, anggur, atau diolah menjadi menu lain.

Berbagai jenis keju tersebar di seluruh dunia. Mulai dari keju camembert, brie, beaufort, gorgonzola, pecorino romano, parmesan klasik, dan cheddar. Masing-masing jenis menawarkan cita rasa serta keunikan berbeda-beda.

Baca Juga

Seluruh keju itu seolah menanti pencintanya melakukan wisata keju. Berikut lima destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan para pencinta keju, dikutip dari laman Travel and Leisure, Sabtu (16/2).

Normandia, Prancis

Normandia adalah rumah dari camembert, keju paling creamy di Prancis. Segala hal tentang keju itu, mulai dari sejarah sampai pembuatannya, bisa disimak dengan mengunjungi Cheese Museum dan President Farm.

photo
Keju camembert yang terkenal creamy dari Normandia, Prancis.

Asturias, Spanyol

Provinsi Asturias di Spanyol kerap dijuluki "El Pais de los Quesos" alias Dataran Keju. Keju paling populer yang sering diburu di sana adalah Queso de Cabrales yang memiliki rasa sangat kuat.

Sardinia, Italia

Pencinta keju bisa menjumpai segala jenis keju di Sardinia, mulai dari pecorino sampai blue cheese. Namun, tempat ini populer karena casu marzu, keju ilegal yang terbuat dari susu domba dan dipenuhi belatung hidup.

photo
Pantai La Pelosa di Sardinia, Italia. Foto: Flickr/Tommie Hansen

Torjulvagen, Norwegia

Pada ajang penghargaan "World Cheese Awards 2016" di San Sebastian, Spanyol, keju kraftkar dinobatkan sebagai juara dunia. Jenis blue cheese itu berasal dari Kota Torjulvagen, Norwegia, yang juga cocok untuk tempat wisata.

Alkmaar, Belanda

Belanda adalah negara tepat untuk mendapatkan keju terbaik di Eropa. Pasar yang wajib didatangi adalah Alkmaar Cheese Market di Waagplein Square, Kota Alkmaar. Destinasi itu menyuguhkan segala jenis keju, termasuk edam and gouda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement