Selasa 29 Jan 2019 06:53 WIB

The Mule: Antara Bunga, Narkoba, dan Keluarga

Keringkihan karakter Clint Eastwood membuat siapapun yang menonton menjadi cemas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Film The Mule
Foto: Warner Bros Pictures
Film The Mule

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangkrut setelah bertahun-tahun menjalankan bisnis bunga membuat Earl Stone (Clint Eastwood) hilang arah. Veteran perang itu tidak bisa begitu saja kembali ke mantan istri dan anaknya yang sudah lama dia abaikan karena pekerjaan.

Karena itu, dia tidak menyia-nyiakan kesempatan ketika seseorang menawarkan pekerjaan dengan imbalan besar. Syaratnya hanya satu, bermobil mengantarkan barang dengan berhati-hati tanpa disetop oleh polisi. Sungguh mudah dan Stone tergiur.

Beberapa kali melakoni pekerjaan, Stone penasaran barang apa yang diantarkan. Betapa kagetnya dia karena selama ini tanpa sadar menjadi kurir narkoba. Bisakah dia melepaskan diri dari pekerjaan itu, dengan risiko diincar oleh kartel narkoba berbahaya?

Cerita kurir narkoba veteran perang yang hobi berkebun bernama Earl Stone itu dituangkan dalam film The Mule yang mulai tayang di Indonesia mulai 30 Januari mendatang. Dalam cerita, Stone disebut sudah sangat renta, berusia 90 tahun.

The Mule terinspirasi kisah veteran perang Leo Sharp yang menjadi kurir narkoba untuk kartel Sinaloa. Cerita Sharp pernah diterbitkan The New York Times, dalam artikel berjudul "The Sinaloa Cartel's 90-Year-Old Drug Mule" karya Sam Dolnick.

Daya tarik film adalah perpaduan drama dan kriminal, yang sebenarnya mengemas pemaknaan keluarga. Eksekusi dari film besutan Warner Bros Pictures ini sangat baik, memadukan kecintaan Stone pada bunga, kegawatan terjerat kartel narkoba, dan hubungannya dengan keluarga.

Keringkihan Eastwood alias Stone dalam film membuat siapapun yang menonton menjadi cemas. Kadang napasnya agak terengah, jalannya tertatih, suaranya pun bergetar khas lansia. Meski begitu, energinya kala berjuang mencari cara melanjutkan hidup masih terasa.

Selain menjadi pemeran utama, Eastwood juga menjadi sutradara sekaligus produser film. Putri sang sineas, Alison Eastwood, ikut terlibat dalam film menjadi anak tunggal tokoh Stone, Iris, yang hubungannya kurang baik dengan sang ayah.

Meski terkesan 'one man show', tidak membuat film menjadi membosankan. Apalagi, film turut dibintangi Bradley Cooper, Laurence Fishburne, Michael Pena, Dianne Wiest, dan Andy García. Kekurangan yang mengganggu tampak pada penyelesaian konflik yang terkesan mengambil jalan pintas. Walau demikian, The Mule cukup direkomendasikan untuk penyuka film kriminal yang tidak keberatan dengan sejumlah sentuhan drama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement