Ahad 27 Jan 2019 08:15 WIB

Saluran Televisi Ini Ajak Anak Lestarikan Alam Liar

Anak diajak mengasah kepedulian terhadap hewan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolanda
Zoo Moo TV
Foto: Zoo Moo TV
Zoo Moo TV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saluran televisi interaktif untuk anak-anak, Zoo Moo, menghadirkan sejumlah program yang berfokus pada dunia hewan dan alam liar. Anak diajari membangun kepedulian untuk melestarikan alam dan upaya konservasi. 

Menurut laporan Living Planet 2018 dari World Wide Fund for Nature (WWF), populasi margasatwa menurun sebanyak 60 persen dalam 40 tahun terakhir. Faktor utama penyebabnya adalah hilang atau berkurangnya habitat alami akibat eksploitasi oleh manusia.

Informasi tersebut membangkitkan kecemasan mengenai dampak aktivitas manusia di bumi. Termasuk, menunjukkan betapa pentingnya edukasi konservasi alam sejak dini agar saat beranjak dewasa memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.

Brand Manager Zoo Moo, Stella Seet, mengatakan bahwa pada dasarnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan sangat tertarik terhadap hewan. Umumnya, mereka menyukai hewan berbulu dan biasanya memiliki boneka hewan sebagai mainan pertama.

"Dengan memberikan informasi seputar kehidupan hewan serta alam yang menghibur serta mudah dipahami anak, kesadaran dan kecintaan mereka terhadap hewan dan alam akan semakin besar, menjadikan mereka peduli terhadap bumi," kata Stella.

Dikutip dari pernyataan resminya, Zoo Moo menyebut kepedulian itu sebagai Animal Quotient (AQ). Kecerdasan yang dimaksud berkaitan dengan pengetahuan anak mengenai hewan, mulai dari deskripsi, karakteristik, perilaku, serta habitat hewan.

Untuk membantu mengembangkan AQ anak, Zoo Moo membawa mereka menjelajahi dunia hewan melalui berbagai program pilihan. Pengalaman menonton sambil belajar yang unik dihadirkan lewat program gabungan tayangan margasatwa dengan boneka, juga animasi dan teknik naratif.

Sejumlah karakter lucu dan berbulu membuat anak semakin kenal dan menyayangi hewan. Hal itu dimungkinkan karena Zoo Moo merupakan kolaborasi pembuat film kehidupan alam liar terkemuka di dunia serta pakar pendidikan anak usia dini.

Tahun ini, Zoo Moo menyajikan program-program baru yang mendidik, kreatif, dan menarik. Beberapa di antaranya adalah serial animasi anak Jelly Jamm, serial prakarya Kooki’s Crafty Show, dan tayangan ensiklopedia hewan Zoo Moo Pedia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement