Jumat 14 Dec 2018 16:01 WIB

Anji dan Virgoun Bagi Trik Viralkan Lagu

Perlu strategi merumuskan propaganda agar lagu bisa jadi cepat viral.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Virgoun dan Anji menerima penghargaan dari Google Indonesia karena menjadi Top Trending Search 2018 dalam kategori Lagu.
Foto: Republika/Christiyaningsih
Virgoun dan Anji menerima penghargaan dari Google Indonesia karena menjadi Top Trending Search 2018 dalam kategori Lagu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anji dan Virgoun tercatat menjadi topik yang trending di penelusuran Google sepanjang tahun ini dalam kategori Lagu. Kedua musisi tersebut banyak dicari lewat pengetikan di Google lantaran lagu mereka.

Anji menjadi trending berkat lagu Menunggu Kamu sedangkan Virgoun berkat lagu berjudul Bukti. Anji dan Virgoun, yang hadir dalam rilis Year in Search 2018 yang diadakan Google pada Kamis (13/12), membocorkan apa rahasia hingga bisa menjadi viral.

Baca Juga

"Kenapa bisa trending, itu karena kerja tim yang mempromosikan," ungkap Virgoun. Anji pun memberikan alasan senada.

Menurutnya agar menjadi viral 'propaganda' di awal perilisan lagu harus baik. Propaganda tersebut tidak akan bisa dilakukan jika ia hanya bekerja sendirian.

"Aku kejarnya di satu bulan pertama. Kalau di Youtube kejar di 24 jam pertama agar algoritma mencapai angka tertentu dan traffic tertentu," jelas pelantun lagu Dia tersebut.

Namun tak selamanya propaganda bisa berjalan dengan mulus. Salah satu yang menjadi tantangan adalah ketika rilis lagu berdekatan dengan peristiwa yang lebih besar. Akibatnya apa yang dipromosikan tenggelam oleh kabar peristiwa tersebut. Anji mengaku merasakan hal itu ketika merilis lagu duet dengan penyanyi Astrid namun bertepatan dengan momen Asian Games 2018.

"Lagu bareng Astrid yang berjudul Hari Bahagia susah naiknya karena semua orang sedang tertuju pada Asian Games," kata pria yang sekarang memiliki 848 ribu subscriber di Youtube ini.

Atas pencapaian sebagai Top Trending Search 2018, Google pun mengganjar Anji dan Virgoun tersebut dengan penghargaan. Penghargaan diberikan oleh Search Marketing Manager Google Indonesia Mira Sumanti.

"Top Trending Search merepresentasikan yang paling diminati masyarakat Indonesia tahun ini," terang Mira. Selain Anji dan Virgoun, karya musisi lokal yang juga menjadi Top Trending Search antara lain Meraih Bintang - Via Vallen, Akad - Payung Teduh, dan lagu Karna Su Sayang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement