Selasa 11 Dec 2018 03:06 WIB

Ini Film Paling Berpengaruh di Hollywood

Stars Wars dan King Kong di antaranya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Yudha Manggala P Putra
Dorothy (kanan) dalam film The Wizard of Oz
Foto: Metro.co.uk
Dorothy (kanan) dalam film The Wizard of Oz

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Peneliti di Italia telah menentukan film paling berpengaruh sepanjang masa. Coba sebutkan film apa saja yang menurut Anda masuk dalam pertimbangan?

Menurut laporan di jurnal Applied Network Science, film klasik tahun 1939 The Wizard of Oz berpengaruh paling besar di Hollywood.

Tim peneliti menganalisa dampak pada lebih dari 47 ribu film di 26 genre. Jumlah tersebut menjadi cara untuk menentukan judul mana yang memiliki pengaruh industri paling besar.

Sedangkan posisi kedua diberikan pada Star Wars yang rilis tahun 1977. Di bawahnya Alfred Hitchcock's tahun 1960 bergenre thriller Psycho.

Film lain masuk daftar tertinggi termasuk King Kong tahun 1933, film tahun 1968 2001: A Space Oddessy, Citizen Kane tahun 1941, Metropolis rilisan 1927, Casablanca tahun 1942, Snow White Snow White and the Seven Dwarfs rilis 1937, dan Frankenstein tahun 1931.

Ketika datang menentukan peringkat sutradara, studi ini melihat beberapa metrik yang berbeda. Ketika datang pada sosok pengarah yang paling berpengaruh merupakan George Cukor. Dia sosok yang bekerja pada 65 film termasuk pekerjaan yang tidak tertera di Oz dan Gone with the Wind.

Pembuat film kedua yang masuk berpengaruh adalah Victor Fleming, Hitchcock pada posisi ketiga, Mervyn LeRoy di nomor empat, dan Steven Spielberg adalah yang kelima. Sedangkan posisi sutradara "teratas" daripada yang paling "berpengaruh" menempatkan Hitchcock dan Spielberg di dua posisi teratas.

Hal yang menarik, untuk peringkat aktor yang paling berpengaruh, pilihan utama dalam penelitian ini agak tidak terduga.

Samuel L. Jackson menjadi posisi teratas, kemungkinan karena membintangi 82 film yang sangat populer sepanjang kariernya. Jackson diikuti oleh Clint Eastwood, Tom Cruise, Arnold Schwarzenegger dan John Wayne, dikutip dari EW, Selasa (11/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement