Sabtu 08 Dec 2018 18:55 WIB

Menikmati Keindahan Indonesia Lewat Komik Si Juki

Terdapat 10 destinasi pariwisata prioritas yang ditonjolkan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Komik Si Juki. Ilustrasi
Foto: Google
Komik Si Juki. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh Si Juki mengenalkan keindahan Indonesia kepada pembaca lewat serial komik Jalan-Jalan Nusantara. Terdapat 10 destinasi pariwisata prioritas yang ditonjolkan, wujud kerja sama penerbit Elex Media dan Kemenko Bidang Kemaritiman.

Destinasi pertama yang didatangi oleh Si Juki dalam petualangannya berkeliling Nusantara adalah Labuan Bajo dan Flores di Nusa Tenggara Timur. Ada beragam objek wisata menarik yang bisa ditemukan di sana, mulai dari pantai, bukit, hingga gua bawah tanah.

"Labuan Bajo termasuk 10 destinasi wisata dengan julukan Bali Baru yang akan kami angkat melalui kerja sama ini," ungkap Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono melalui pernyataan resminya.

Faza Meonk, kreator Si Juki, mengaku baru mengetahui adanya destinasi wisata 10 Bali Baru tersebut. Dia sangat tertarik mengangkat semua lokasi dalam karyanya. Bagi dia, ide dasar mengenai pariwisata tersebut amat menarik dikemas menjadi komik.

Dalam komik pertama berjudul Petualangan di Labuan Bajo-Flores, Si Juki bertualang bersama Mang Awung demi sebuah misi rahasia. Mereka pergi ke berbagai destinasi wisata, di antaranya Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, dan Taman Nasional Pulau Komodo.

Komik telah dirilis pada Rabu, 5 Desember 2018. Sebelum tiga bulan tahap produksi, Faza beserta tim kreatif melakukan riset mencari ide cerita dan hal-hal menarik lain dengan mengunjungi langsung Labuan Bajo selama lima hari.

"Dalam proses riset komik, saya menemukan bahwa kalimat 'Indonesia itu Indah' benar adanya. Selain indah, saya menemukan keberagaman budaya yang menurut saya begitu luar biasa. Keberagaman inilah yang membentuk Indonesia, inilah harta karun Indonesia," ujar Faza.

Faza yang juga merupakan pendiri PIONICON IP Management mengaku senang bisa mengerjakan komik yang mengangkat destinasi wisata lokal itu. Di akhir komik, terungkap bahwa destinasi wisata berikutnya adalah Belitung. Komiknya direncanakan rilis pada Maret 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement